Tutorial Laravel 10 #1 : Fitur Baru di Laravel 10


Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Developer, Content Creator and CO-Founder SantriKoding.com
Tutorial Laravel 10 #1 : Fitur Baru di Laravel 10

Halo teman-teman semuanya, pada tanggal 14 Februari 2023 Laravel resmi merilis versi terbaru dari framework-nya, yaitu 10.x.x. Pada versi terbaru ini tim dari Laravel memberikan beberapa fitur-fitur baru dan penghapusan beberapa fungsi yang tidak dibutuhkan lagi.

Dan pada serti artikel kali ini kita semua akan belajar implementasi Laravel 10 untuk membuat project CRUD sederhana beserta upload gambar.

Tapi sebelum kita melangkah lebih jauh dalam implementasi ke project, alangkah lebih baiknya kita tahu terlebih dahulu fitur-fitur apa saja yang akan hadir di dalam Laravel 10.

Sebelum Laravel 9, versi Laravel biasanya diupdate 2 kali dalam setahun (6 bulan sekali). Dan sejak rilis-nya Laravel 9, tim Laravel mulai mengubah kebijakan rilis versi yang semula dua kali dalam setahun menjadi sekali dalam setahun, yaitu tepatnya pada bulan Februari.

Informasi tambahan buat teman-teman yang baru mulai belajar Laravel, jangan terlalu kawatir ketika Laravel cepat melakukan perubahan versi, karena pada dasarnya tidak ada perbedaan yang signifikan di dalamnya. Biasanya hanya penambahan-penambahan fitur saja.

Soalnya banyak keluh dan kesah teman-teman yang baru belajar Laravel seperti ini :

  • Belajar Laravel 9 aja belum selesai, eh...sekarang keluar versi 10 😂 🤣.
  • Buseet...baru aja belajar Laravel 9 😂.
  • Mohon maaf, saya baru belajar Laravel, enaknya belajar versi berapa ya ? 🤔.
  • Baru aja belajar Laravel 8 🙄
  • Dan lain sebagainya.

Kita lanjutkan. Apa saja fitur-fitur dan perubahan yang ada di dalam Laravel 10 ? Berikut ini penjelasannya.

1. Dukungan Versi PHP di Laravel 10

Ya benar, sekarang untuk memulai menggunakan Laravel 10 teman-teman harus memiliki minimal versi PHP 8.1.x dan untuk PHP versi 8.0.x sudah tidak didukung lagi.

2. Tampilan Perintah Artisan Lebih Interaktif

Pada Laravel 10, tampilan perintah artisan akan menjadi lebih interaktif.

Contohnya saat kita menjalankan perintah make:model dan lupa memberikan parameter name dari Model-nya, alih-alih menampilkan pesan error, justru Laravel akan menampilkan sebuah pilihan opsi, yang kurang lebih seperti berikut ini.

3. Method dispatchNow() dihapus

Method dispatchNow() merupakan fitur yang biasanya digunakan untuk menghandle sebuah jobs di Laravel dan sekarang sudah dihapus dan digantikan dengan method dispatchSync().

Teman-teman bisa melihat-nya secara detail pada pull request di GitHub berikut ini https://github.com/laravel/framework/pull/42591

4. Library doctrine/dbal tidak dibutuhkan Lagi

Yaps, pada Laravel sebelum-sebelumnya saat kita ingin mengubah field/kolom di dalam migration, kita wajib menginstall library tambahan yaitu https://github.com/doctrine/dbal. Dan sekarang di Laravel 10 kita tidak memelurkan itu lagi, karena secara default Laravel sudah bisa melakukannya.

5. Lists Method yang dihapus

Tim dari Laravel akan menghapus beberapa method yang tidak digunakan di dalam Laravel sebelumnya (9). Dan jika teman-teman ingin melakukan upgrade dari versi 9 ke 10, maka ini perlu diperhatikan.

Berikut ini beberapa method yang akan dihapus di Laravel 10.

6. Properti $dates di Model dihapus

Di dalam Laravel 10 untuk properti $dates yang ada di dalam Model akan dihapus dan digantikan dengan Eloquent $casts. Berikut ini contohnya.

protected $casts = [
	'email_verified_at' => 'datetime',
];

7. Tampilan Welcome Screen Berubah

Pada Laravel 10 untuk tampilkan welcome screen saat berhasil menginstall Laravel sekarang sudah berubah. Kurang lebih seperti berikut ini.

8. Bug Hunt $1,000 😱

Taylor Otwel selaku creator dari Laravel membuat cuitan di Twitter tentang Bug Hunt di Laravel 10. Barang siapa yang bisa memperbaiki bug, maka akan mendapatkan hadiah $1,000.

Upps, tapi tidak semua bug ya yang bisa mendapatkan hadiah tersebut, berikut ini beberapa aturan yang harus teman-teman tahu.

  • Hanya PR (pull request) yang dikirim ke branch 10.x dari repositori laravel/framework yang memenuhi syarat.
  • Hanya perbaikan bug “true” yang diterima. Fitur baru, refactoring, atau perbaikan salah ketik tidak akan dihitung.
  • Setiap perbaikan bug harus menyertakan test.
  • Perbaikan bug yang diterima akan diberi label, dan pemenang acak akan dipilih di akhir kontes.

Kurang lebih seperti itu fitur-fitur baru yang ada di dalam Laravel 10 dan artikel ini akan diperbaru jika terdapat fitur baru yang ditambahkan kedepannya.

Dan pada artikel-artikel selanjutnya kita semua akan belajar implementasi Laravel 10 untuk pembuatan aplikasi CRUD sederhana secara step by step.

Terima Kasih



Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Developer, Content Creator and CO-Founder SantriKoding.com

Suka dengan tulisan di SantriKoding? Kamu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan Anda!

KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami


ARTIKEL TERKAIT