Tutorial Laravel CRUD Ajax #2 : Membuat Project Laravel


Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder SantriKoding.com
Tutorial Laravel CRUD Ajax #2 : Membuat Project Laravel

Halo teman-teman semuanya, sebelumnya kita sudah belajar tentang apa itu Ajax dan cara kerjanya. Sekarang kita akan belajar bagaimana cara membuat project Laravel baru yang nantinya akan kita gunakan untuk praktek membuat CRUD menggunakan Ajax.

Langkah 1 - Installasi Composer

Syarat pertama sebelum teman-teman membuat project Laravel adalah menginstall Composer terlebih dahulu, karena kita akan menggunakan Composer untuk membuat project Laravel-nya.

Jika teman-teman belum memilikinya, maka silahkan lakukan installasi sesuai dengan sistem operasi yang dimiliki.

  1. Installasi di Windows : https://getcomposer.org/doc/00-intro.md#installation-windows
  2. Installasi di Linux / MacOS : https://getcomposer.org/doc/00-intro.md#installation-linux-unix-macos

Untuk memastikan apakah Composer sudah berhasil diinstall, maka silahkan jalankan perintah berikut ini di dalam terminal/CMD.

composer

Jika berhasil, maka teman-teman akan mendapatkan hasil seperti berikut ini.

Langkah 2 - Membuat Project Laravel

Setelah berhasil melakukan installasi Composer, maka sekarang kita bisa lanjutkan membuat project Laravel-nya.

Silahkan masuk ke dalam folder dimana teman-teman akan menyimpan project-nya, jika menggunakan XAMPP biasanya di dalam folder htdocs.

Setelah itu, silahkan jalankan perintah berikut ini di dalam terminal/CMD.

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel:9.3.6 ajax-crud

Jika perintah di atas berhasil dijalankan, maka kita akan membuat project Laravel menggunakan nama ajax-crud dan silahkan tunggu proses installasi-nya sampai selesai.

Langkah 3 - Menjalankan Project Laravel

Setelah berhasil melakukan proses installasi, maka kita lanjutkan untuk menjalankan project-nya. Silahkan teman-teman jalankan perintah berikut ini di dalam terminal/CMD.

cd ajax-crud

Perintah di atas digunakan untuk melakukan navigasi ke dalam folder project Laravel-nya. Kemudian setelah berhasil masuk di dalamnya, maka jalankan perintah berikut ini di dalam terminal/CMD.

php artisan serve

Jika berhasil, maka project kita akan dijalankan di dalam localhost menggunakan port 8000.

Langkah 4 - Konfigurasi Koneksi Database

Sekarang kita lanjutkan melakukan konfigurasi database di dalam Laravel. Silahkan buka file .env, kemudian cari kode berikut ini.

DB_DATABASE=laravel
DB_USERNAME=root
DB_PASSWORD=

Dan ubahlah menjadi seperti berikut ini.

DB_DATABASE=db_ajax_crud
DB_USERNAME=root
DB_PASSWORD=

Di atas, untuk DB_DATABASE kita atur menjadi db_ajax_crud dan untuk DB_PASSWORD silahkan teman-teman sesuaikan sendiri dengan konfigurasi MySQL-nya. Jika menggunakan XAMPP, maka dikosongkan saja.

Setelah berhasil melakukan konfigurasi koneksi database, selanjutnya kita akan membuat database-nya melalui PhpMyAdmin. Silahkan buka http://localhost/phpmyadmin, kemudian buat database-nya seperti berikut ini.

Sampai disini pembahasan bagaimana cara membuat project Laravel baru menggunakan Composer dan melakukan konfigurasi database, di artikel selanjutnya kita semua akan belajar menampilkan data dari database di browser.

Terima Kasih



Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder SantriKoding.com

Suka dengan tulisan di SantriKoding? Kamu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan Anda!

KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami