Tutorial CRUD CodeIgniter Dengan Bootstrap 4 : Instalasi Dan Persiapan


Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder SantriKoding.com
Tutorial CRUD CodeIgniter Dengan Bootstrap 4 : Instalasi Dan Persiapan

Tutorial CRUD CodeIgniter Dengan Bootstrap 4 : Instalasi Dan Persiapan - Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini kita semua akan belajar bagaimana cara membuat sebuah CRUD di framework CodeIgniter dan Bootstrap 4 sebagai tampilan front-endnya.

Jika sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang bagaimana cara membuat CRUD PHP & MySQLi Dengan Bootstrap 4 yang bisa kalian lihat di daftar list berikut ini :

Kenapa harus harus belajar dasar PHP terlebih dahulu sebelum menggunakan framework ? karena pada dasarnya framework merupakan kumpulan dari sebuah library-library atau fungsi-fungsi yang sudah jadi dan siap digunakan dan kita tinggal memangil-manggil fungsi tersebut.

CodeIgniter merupakan salah satu Framework PHP yang sangat populer dan terkenal karena ringan dan mudah di custom sesuai kebutuhan. CodeIgniter adalah framework yang menggunakan desain pattern MVC atau biasanya disebut Model, View dan Controller.

Apa itu MVC ?

MVC merupakan sebuah desain pattern atau arsitektur yang memisahkan dan mengelompokan beberapa kode sesuai dengan tugas dan fungsinya.

  • Model - Biasanya digunakan untuk kode yang berhubungan dengan Database, misal menambah, edit dan hapus data.
  • View - Merupakan bagian diamana tampilan web atau aplikasi ditampilkan ke layar browser, seperti HTML, CSS, dan JavaScript.
  • Controller - Adalah bagian dimana yang menghubungkan antara Model dan View dan Controller juga biasanya digunakan untuk menaruh kode login atau kode yang sifatnya logika.

Jika di PHP dasar saja kita belum terlalu paham, nanti ketika kita menggunakan framework pasti akan sangat kesulitan dan bingung karena belum mengetahui fungsi-fungsi yang ada di PHP itu sendiri.

Langsung saja kita mulai, pada artikel pertama ini kita semua akan belajar bagaimana men-stup project CodeIgniter untuk yang pertama kali.

Sekarang kita bisa langsung download CodeIgniter dari situs resminya di https://codeigniter.com/, setelah kalian berhasil mengunduhnya. Silahkan extract file zip CodeIgniternya dan rename foldernya menjadi "ci-sekolah” dan silahkan teman-teman copy dan paste ke dalam folder htdocs (jika menggunakan XAMPP).

Untuk mengetahui apakah project CodeIgniter kita berjalan atau tidak, kita bisa langsung membukanya lewat browser dengan mengetikkan http://localhost/ci-sekolah, jika berhasil maka kurang lebih tampilannya seperti berikut ini :


Langkah selanjutnya setelah kita berhasil menginstall CodeIgniternya ada beberapa konfiguras dan pengaturan yang harus kita setup sebelum memulai mengembangkan project kita.

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, bahwa CodeIgniter merupakan sebuah framework, jadi dimana fungsi-fungsinya sudah disediakan seperti halnya config database, session, pagination, dll. dan kita tinggal menggunakan saja.

Sebelum kita bisa menggunakan fungsi-fungsi yang ada didalam CodeIgniter terlebih dahulu kita harus mengaktifkan fungsi-fungsi tersebut atau biasanya disebut library dan helper.

Ada beberapa Library dan helper yang harus diaktifkan ketika kita ingin memulai project dengan CodeIgniter, karena nanti kita akan praktek membuat sebuah aplikasi CRUD, jadi mungkin kita hanya mengaktifkan beberapa library dan helper saja.

langsung saja kita mulai, untuk pertama silahkan kita buka file autoload.php di dalam folder application/config, silahkan cari kode dibawah ini :

$autoload['libraries'] = array('');

Dan ubahlah menjadi seperti berikut ini :

$autoload['libraries'] = array('database');

Kode diatas digunakan untuk mengaktifkan library koneksi database yang ada didalam framework CodeIgniter, jadi dengan library ini kita tidak perlu susah-susah membuat koneksi database sendiri.

Selanjutnya kalian cari kode dibawah ini :

$autoload['helper'] = array('');

Dan ubahlah menjadi seperti berikut ini :

$autoload['helper'] = array('url', 'form');

Kode diatas digunakan untuk mengaktifkan helper dari CodeIgniter yaitu URL dan FORM, helper URL ini digunakan untuk pendeklarasian dari alamat project kita nanti.

Dan untuk helper FORM digunakan untuk mempercepat kita nanti ketika membuat sebuah form di aplikasi yang ingin kita bangun.

langkah selanjutnya silahkan buka file config.php didalam folder application/config. Silahkan cari kode dibawah ini :

$config['base_url']    = “";

Dan ubahlah menjadi seperti berikut ini :

$config['base_url']    = "http://".$_SERVER['HTTP_HOST'].
str_replace(basename($_SERVER['SCRIPT_NAME']),"",$_SERVER['SCRIPT_NAME']);

Dari kode diatas ini, kita membuat alamat project kita bisa otomatis dinamis mengikuti nama folder project kita.

Setelah semua disimpan, sekarang kita bisa jalankan aplikasi kita dengan mengetikkan di browser http://localhost/ci-sekolah. Maka kalian akan mengalami atau menemukan error kurang lebih seperti gambar dibawah ini.


Kenapa demikian ? error itu terjadi karena kita sudah mengaktifkan library Database akan tetapi kita belum mengatur koneksi databasenya.

Lantas bagaimana cara mengatur koneksi Database di CodeIgniter ? oke mari kita selesaikan masalah ini.

Silahkan buke file Database.php di folder application/config. Dan ubahlah beberapa kode berikut ini :

$db['default'] = array(
    'dsn'    => '',
    'hostname' => 'localhost',
    'username' => '',
    'password' => '',
    'database' => '',
    'dbdriver' => 'mysqli',
    'dbprefix' => '',
    'pconnect' => FALSE,
    'db_debug' => (ENVIRONMENT !== 'production'),
    'cache_on' => FALSE,
    'cachedir' => '',
    'char_set' => 'utf8',
    'dbcollat' => 'utf8_general_ci',
    'swap_pre' => '',
    'encrypt' => FALSE,
    'compress' => FALSE,
    'stricton' => FALSE,
    'failover' => array(),
    'save_queries' => TRUE
);

Menjadi seperti ini :

$db['default'] = array(
    'dsn'    => '',
    'hostname' => 'localhost',
    'username' => ‘root’, // username MySQL
    'password' => ‘', // password MySQL
    'database' => ‘db_sekolah’, // nama Database
    'dbdriver' => 'mysqli',
    'dbprefix' => '',
    'pconnect' => FALSE,
    'db_debug' => (ENVIRONMENT !== 'production'),
    'cache_on' => FALSE,
    'cachedir' => '',
    'char_set' => 'utf8',
    'dbcollat' => 'utf8_general_ci',
    'swap_pre' => '',
    'encrypt' => FALSE,
    'compress' => FALSE,
    'stricton' => FALSE,
    'failover' => array(),
    'save_queries' => TRUE
);

Dari Kode diatas ada beberapa variabel yang perlu diperhatikan, coba perhatikan kode berikut ini :

'hostname' => 'localhost',
'username' => ‘root’, // username MySQL
'password' => ‘', // password MySQL
'database' => ‘db_sekolah’, // nama Database

  • hostname - kita isi dengan localhost, karena kita masih develop / mengembangkan aplikasi diranah lokal.
  • username - ini kita iisi dengan username dari MySQL, jika kalian menggunakan XAMPP maka secara default adalah root.
  • password - untuk password, jika kalian menggunakan XAMPP maka defaultnya adalah kosong atau kalian tidak perlu mengisi variabel ini.
  • database - untuk variabel ini adalah nama database yang akan kita gunakan, untuk studi kasus kali ini kita beri nama database kita dengan nama db_sekolah.

Oke setelah itu silahkan simpan semua kode perubahannya, setelah semuanya berhasil sekarang kita akan membuat sebuah database baru, silahkan buka http://localhost/phpmyadmin, kemudian klik Database.

Kemudian silahkan buat database baru dengan nama db_sekolah dan klik buat / create. atau kalian bisa lihat gambar dibawah ini


Sampai disini untuk sesi Installasi dan Persiapan Membuat CRUD CodeIgniter Dengan Bootstrap 4. kita akan lanjutkan di artikel selanjutnya. Terima Kasih


Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder SantriKoding.com

Suka dengan tulisan di SantriKoding? Kamu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan Anda!

KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami