Tutorial CRUD PHP & MySQLi Dengan Bootstrap : Hapus Data dari Database


Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

CRUD PHP & MySQLi Dengan Bootstrap : Hapus Data Dari Database - Halo teman-teman semuanya melanjutkan di pembahasan artikel sebelumnya yaitu edit dan update data, pada kesempatan artikel kali ini kita semua akan bersama-sama belajar bagaimana cara membuat delete data dari database.

Langsung saja kita mulai, silahkan teman-teman perhatikan pada file index.php yang sudah kita buat seelumnya. Pada bagian button hapus data teman-teman akan melihat URL untuk menghapus data berdasarkan parameter ID, kurang lebih seperti ini http://localhost/hapus-siswa.php?id=ID.

Dari link diatas, kita bisa mengetahui bahwasanya kita harus membuat file dengan nama hapus-siswa.php di dalam folder project sekolah kita.

Sekarang silahkan buat file dengan nama hapus-siswa.php dan masukkan kode dibawah ini.

<?php

include('koneksi.php');

//get id
$id = $_GET['id'];

$query = "DELETE FROM tbl_siswa WHERE id_siswa = '$id'";

if($connection->query($query)) {
    header("location: index.php");
} else {
    echo "DATA GAGAL DIHAPUS!";
}

?>

Dari kode diatas kita bisa tau ada sebuah Query delete data siswa berdasarkan ID yang didapatkan dari URL / link.

Sekarang coba teman-teman mengahapus sebuah data, jika berhasil maka teman-teman akan diarahkan kembali ke index.php dengan data sudah terhapus.

Apabila gagal, teman-teman akan mendapatkan pesan error atau pesan kesalahan "DATA GAGAL DIHAPUS!”.

Sampai disini pembahasan tentang Cara Mudah Membuat CRUD PHP & MySQLi Dengan Bootstrap 4.

Terima Kasih


Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Suka dengan tulisan di SantriKoding? Kamu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan Anda!

KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR