Tutorial CRUD PHP & MySQLi Dengan Bootstrap : Membuat Koneksi Database


Fika Ridaul Maulayya
Software Engineer | Content Creator | Founder & Author di SantriKoding.com

CRUD PHP & MySQLi Dengan Bootstrap : Membuat Koneksi Database - Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini kita semua akan belajar tentang bagaimana cara mudah membuat CRUD PHP & MySQLi Dengan Bootstrap secara terstruktur step by step.

Untuk pembahasan pertama di tutorial kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat koneksi antara PHP kita ke Database.

PHP adalah bahasa pemrogramman web yang dinamis dan sangat populer yang biasanya digunakan untuk membagun website secara dinamis, salah satu membuat website secara dinamis adalah dengan cara menyimpan data yang ada kedalam database dan bisa dimanupulasi dengan sesuka keinginan.

Pertama, kita buat sebuah database baru dulu, untuk teman-teman yang biasa menggunakan XAMPP, silahkan diaktifkan apache dan mysql.

Setelah itu silahkan ketikkan http://localhost/phpmyadmin dan kita akan melihat tampilan dari PHP MyAdmin, disitu kita bisa membuat database dan tabel.

Sekarang kita bikin database baru dengan nama db_sekolah, setelah database berhasil terbuat langkah selanjutnya kita akan memulai menyiapkan kode PHP untuk menyambungkannya.


Sekarang kita buat folder baru dengan nama sekolah di dalam C: / XAMPP / htdocs ( jika kalian menggunakan XAMPP). Jika folder sudah terbuat, sekarang kita buat file baru didalam folder tersebut dengan nama koneksi.php.

Dan sekarang kita ketikkan kode berikut ini kedalam file koneksi.php, berikut kodenya :

<?php

//deklasrasi variabel
$db_host = "localhost";
$db_user = "root";
$db_pass = "";
$db_name = "db_sekolah";    

$connection = mysqli_connect($db_host, $db_user, $db_pass, $db_name);

if($connection) {
    echo "Koneksi Berhasil!";
} else {
    echo "Koneksi Gagal! : ". mysqli_connect_error();
}

?>

Dari kode diatas, mari kita bahas bersama dan kita pahami fungsi-fungsinya.

  • $db_host - variabel ini digunakan untuk menyimpan nama host kita, yaitu localhost.
  • $db_user - variabel ini digunakan untuk menyimpan username dari MySQL kita, jika kita menggunakan XAMPP maka default isinya adalah root.
  • $db_pass - variabel ini digunakan untuk menympan password dari MySQL kita, secara default adalah kosong, maka kita tidak perlu mengisi variabel ini.
  • $db_name - variabel ini digunakan untuk menyimpan nama database yang sudah kita buat sebelumnya.

Kemudian kita perhatikan kode ini juga :

if($connection) {
    echo "Koneksi Berhasil!";
} else {
    echo "Koneksi Gagal! : ". mysqli_connect_error();
}

Dari kode diatas, kita membuat sebuah kondisi atau pengecekan apakah variabel $connection itu bernilai TRUE atau FALSE atau terpenuhi atau tidak.

Maka jika kondisi dari variabel $connection itu terpenuhi maka jika kita akses koneksi kita di web browser dengan cara mengetikkan http://localhost/sekolah/koneksi.php, maka akan keluar pesan :

Koneksi Berhasil!

Atau kita bisa lihat seperti gambar dibawah ini:


Akan tetapi jika variabel $connection itu tidaak terpenuhi atau bernilai FALSE, maka pesan yang akan ditampilkan adalah kurang lebih seperti berikut ini:

Koneksi Gagal! : + disertai penjelasan error

Atau kita bisa lihat seperti gambar dibawah ini:


Sampai disini dulu pembahasan tentang Cara Mudah Bagaimana Mmebuat CRUD PHP & MySQLi Dengan Bootstrap Part 1. Kita akan lanjutkan di artikel selanjutnya.


Fika Ridaul Maulayya
Software Engineer | Content Creator | Founder & Author di SantriKoding.com

Jika Anda menyukai konten kami, silakan pertimbangkan untuk membeli kopi untuk kami.
Terima kasih atas dukungan Anda!

Buy me a coffeeBuy me a coffee
KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR