Tutorial Vue.js dan Express.js #1 : Membuat Restful API di Express.js


Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini kita akan belajar membuat aplikasi sederhana dengan fullstack Javascript, yaitu Express.js sebagai backend dan Vue.js sebagai frontend.

Express.js atau biasa disebut dengan Express yaitu merupakan salah satu framework dari Node.js yang bersifat open source dan memiliki performa yang cepat. Express.js menyebut dirinya adalah :

Express is a minimal and flexible Node.js web application framework that provides a robust set of features for web and mobile applications.

Express.js biasanya digunakan oleh para backend developer untuk membangun sebuah Rest API dengan performa yang cepat dan mudah. Banyak perusahaan dan startup besar menggunakan Express.js sebagai sistem backend di aplikasi mereka.

Sedangkan Vue.js merupakan sebuah progressive framework yang dibangun untuk membuat tampilan website agar interaktif dan Vue.js bersifat open source. Vue.js juga salah satu framework Javascript yang sangat populer dan bahkan situs-situs besar di dunia banyak yang dibangun menggunakan framework tersebut.

Untuk tutorial membuat Restful API menggunakan Express.js sebenarnya sudah pernah saya bahas di dalam TUTORIAL SET sebelumnya.

Jadi silahkan teman-teman bisa belajar Restful API di Express.js menggunakan TUTORIAL SET tersebut, karena nanti untuk praktek di Vue.js kita akan menggunakan Restful API tersebut. Untuk teman-teman bisa mempelajarinya dari list berikut ini :

  1. Tutorial Express.js Restful API #1 : Membuat Project Express.js
  2. Tutorial Express.js Restful API #2 : Konfigurasi Database
  3. Tutorial Express.js Restful API #3 : Menampilkan Data dari Database
  4. Tutorial Express.js Restful API #4 : Insert Data ke Database
  5. Tutorial Express.js Restful API #5 : Menampilkan Detail Data
  6. Tutorial Express.js Restful API #6 : Update Data ke Database
  7. Tutorial Express.js Restful API #7 : Delete Data dari Database
  8. Tutorial Express.js Restful API #8 : Enable CORS di Express.js

Jika sudah menyelesaikan dari setiap materi yang ada, maka di artikel selanjutnya kita akan mencoba membuat aplikasi sederhana menggunakan Vue.js dan mengambil data melalui Rest API dari Express.js.

Sampai disini pembasahn bagaimana cara membuat Rest API di Express.js, di artikel selanjutnya kita akan belajar bersama-sama bagaimana cara melakukan installasi project baru di dalam Vue.js.

Terima Kasih



Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Suka dengan tulisan di SantriKoding? Kamu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan Anda!

KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR