Tutorial Express dan MySQL #2 : Koneksi Database


Fika Ridaul Maulayya
I'm a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Halo teman-teman semuanya, di artikel sebelumnya kita telah belajar bersama-sama bagaimana cara membuat project baru dengan Express, maka sekarang kita semua akan belajar bagaimana cara menghubungkan antara project Express dengan database MySQL.

Disini kita juga akan melakukan beberapa installasi library pendukung, seperti : express-flash, express-session, method-override dan mysql.

Langkah 1 - Install Library Pendukung

express-flash

Pertama kita akan melakukan installasi untuk library express-flash, library ini digunakan untuk menampilkan flash message di dalam project Express nanti. Silahkan jalankan perintah berikut ini untuk menginstall-nya.

npm install express-flash --save

express-session

Selanjutnya, kita akan lakukan installasi untuk library yang bernama express-session, library ini digunakan untuk mengatur session yang ada di dalam project Express, session ini sama seperti session yang ada di dalam bahasa pemrogramman PHP. Silahkan jalankan perintah di bawah ini untuk melakukaan installasi-nya.

npm install express-session --save

method-override

Kemudian, kita juga akan menginstall library lagi yang bernama method-override, ini akan kita manfaatkan untuk mengirim sebuah request dengan method PUT dan DELETE di dalam project Express. Silahkan jalankan perintah di bawah ini untuk menginstall-nya.

npm install method-override --save

mysql

Terakhir, kita akan menginstall library mysql, library ini merupakan driver mysql yang akan digunakan untuk menghubungkan antara project Express dan database MySQL. Silahkan jalankan perintah di bawah ini untuk menginstall-nya.

npm install mysql --save

Langkah 2 - Konfigurasi Database

Sekarang, kita lanjutkan untuk membuat konfigurasi koneksi database di dalam project Express. Silahkan buat folder baru dengan nama library, kemudian di dalam folder tersebut silahkan buat file baru dengan nama database.js dan masukkan kode berikut ini :

let mysql = require('mysql');
 
let connection = mysql.createConnection({
   host:        'localhost',
   user:        'root',
   password:    '',
   database:    'db_express_mysql'
 });

connection.connect(function(error){
   if(!!error){
     console.log(error);
   }else{
     console.log('Koneksi Berhasil!');
   }
 })

module.exports = connection; 

Di atas, pertama kita require atau import library mysql terlebih dahulu.

let mysql = require('mysql');

Kemudian, kita buat variable connection yang isinya merupakan konfigurasi dari koneksi database MySQL.

let connection = mysql.createConnection({
   host:        'localhost',
   user:        'root',
   password:    '',
   database:    'db_express_mysql'
});

Di atas, kita set untuk nama database yang akan kita buat adalah db_express_mysql. Kemudian untuk password, silahkan disesuaikan dengan konfigurasi MySQL-nya masing-masing.

Selanjutnya, kita membuat kondisi untuk melihat apakah koneksi database ke dalam MySQL berjalan atau tidak.

connection.connect(function(error){
   if(!!error){
     console.log(error);
   }else{
     console.log('Koneksi Berhasil!');
   }
 })

Jika koneksi database berhasil, maka ketika kita menjalankan project Express, akan menampilkan tulisan Koneksi Berhasil!, di dalam terminal/CMD.

Kemduian kita export module connection, agar kita dapat menggunakannya di dalam file lain.

module.exports = connection; 

Kurang lebih, jika dilihat struktur dan kode untuk file database.js seperti berikut ini :

Langkah 3 - Membuat Database dan Table

Sekarang, kita lanjutkan untuk membuat daatabase baru di dalam MySQL dan kita juga akan menambahkan 1 table baru yang akan kita gunakan untuk menyimpan data-nya nanti.

Silahkan buka http://localhost/phpmyadmin, kemudian buat database baru dengan nama db_express_mysql, kurang lebih seperti berikut ini :

Selanjutnya, silahkan klik database db_express_mysql dan buat table baru dengan nama posts dan memiliki 3 field/coloumn.

Di atas, kita set 3 field/coloumn tersebut kurang lebih seperti berikut ini :

  • id - menggunakan type data INT dengan value 11 kemudian kita set menjadi PRIMARY dan AUTO INCREMENT.
  • title - menggunakan type data varchar dengan value 255.
  • content - menggunakan type data text.

Sampai disini pembahasan tentang installasi library dan konfigurasi koneksi database MySQL di dalam project Express, di artikel selanjutnya kita semua akan belajar bagaimana cara menampilkan data dari database di project Express.

Terima kasih


EBOOK Toko Online Dengan Laravel, Vue Js dan Payment Gateway : https://bit.ly/lp-ebook-laravel-vue-payment-gateway


Fika Ridaul Maulayya
I'm a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com
KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR