Tutorial Node.js, Express dan MySQL #1 : Membuat Project Express Js


Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini kita semua akan belajar bagaimana cara membuat sebuah CRUD menggunakan Node.js dengan framework Express dan database MySQL.

Node.js adalah perangkat lunak yang bersifat open source dan digunakan untuk menjalankan kode JavaScript diluar web browser, Node.js sama seperti PHP, Ruby, Python dan Go, yaitu berjalan disisi server. Node.js secara default sudah memiliki HTTP server sendiri, jadi bisa berjalan tanpa harus menginstall web server tambahan seperti Apache dan Nginx.

Express Js adalah salah satu framework Node.js yang paling populer dan banyak digunakan oleh para developer, karena memiliki ukuran yang minimalis dan performa yang sangat cepat . Express bersifat open source dan mudah untuk di pelajari.

Langkah 1 - Install Node.js

Pertama, silahkan untuk melakukan installasi Node.js di dalam komputer teman-teman semuanya, untuk installasi Node.js silahkan bisa mengikuti dari situs resiminya di : https://nodejs.org/en/download/.

Untuk mengetahui apakah komputer kita sudah terinstall Node.js, kita bisa menjalankan perintah berikut ini di dalam terminal/CMD :

node -v
npm -v

Jika berhasil, maka akan keluar versi Node.js dan NPM yang di install.

Langkah 2 - Install Express

Setelah kita berhasil menginstall Node.js, sekarang kita lanjutkan untuk menginstall Express di dalam komputer kita secara global.

Silahkan jalankan perintah berikut ini :

npm install -g express-generator

Silahkan di tunggu proses installasi sampai selesai dan pastikan terhubung dengan internet.

Langkah 3 - Membuat Project Dengan Express

Setelah kita berhasil menginstall Express di dalam komputer, sekarang kita bisa membuat project baru dengan Express. Silahkan masuk ke dalam folder dimana teman-teman akan menyimpan project dan jalankan perintah berikut ini di dalam terminal/CMD :

express --view=ejs express-mysql

Di atas, kita akan membuat project Express baru dengan nama express-mysql dan kita tambahkan flag --view=ejs untuk digunakan sebagai view/template engine di dalam Express.

Langkah 4 - Menjalankan Project Express

Setelah proses installasi project baru dengan Express selesai, sekarang kita akan belajar bagaimana cara menjalankan project tersebut. Silahkan jalankan perintah di bawah ini :

cd express-mysql
npm install
npm start

Jika berhasil, maka project kita akan di jalankan di dalam localhost dengan port 3000, kita bisa mencoba membukanya di http://localhost:3000, kurang lebih hasilnya seperti berikut ini :

Di atas, kita telah berhasil menjalankan project Express di dalam localhost dengan port 3000, di artikel selanjutnya kita akan belajar bagaiaman cara membuat koneksi database dari Express ke MySQL.

Terima Kasih


EBOOK Toko Online Dengan Laravel, Vue Js dan Payment Gateway : https://bit.ly/lp-ebook-laravel-vue-payment-gateway


Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com
KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR