Tutorial Express.js dan React.js #1 : Membuat Rest API di Express.js


Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini kita semua akan belajar tentang FullStack Javascript dengan Express.js sebagai backend dan React.js sebagai frontend. Disini kita akan belajar step-by-step dari dasar dengan studi kasus membuat aplikasi sederhana, sehingga teman-teman bisa mengikutinya dengan lebih mudah.

Javascript atau yang biasa disebut JS, merupakan bahasa pemrogramman yang bersifat open source dan digunakan untuk membangun sebuah tampilan website menjadi lebih interaktif dan menarik. Javascript merupakan bahasa pemrogramman yang sangat populer, karena kebanyakan semua website menggunakannya. Dan bahkan di tahun 2016 sebanyak 92% website telah menggunakan Javascript.

Javascript sendiri berjalan disisi client side, yang artinya membutuhkan web browser untuk menjalankannya. Dengan seiring perkembangan teknologi, maka banyak bermunculan teknologi baru di dalam Javascript, seperti Node.js, yaitu sebuah runtime yang digunakan untuk menjalankan bahasa pemrogramman Javascript disisi server.

Dan di dalam Node.js sendiri muncul lagi sebuah framework Javascript yang sangat populer dan memiliki kecepatan yang luar biasa, yaitu Express.js.

Express.js atau biasa disebut dengan Express yaitu merupakan salah satu framework dari Node.js yang bersifat open source dan memiliki performa yang cepat. Express.js menyebut dirinya adalah :

Express is a minimal and flexible Node.js web application framework that provides a robust set of features for web and mobile applications.


official website : https://expressjs.com/

Express.js biasanya digunakan oleh para backend developer untuk membangun sebuah Rest API dengan performa yang cepat dan mudah. Dan di artikel kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat sebuah Rest API menggunakan Express.js.

Untuk tutorial membuat Restful API menggunakan Express.js sebenarnya sudah pernah saya bahas di dalam TUTORIAL SET sebelumnya.

Jadi silahkan teman-teman bisa belajar Restful API di Express.js menggunakan TUTORIAL SET tersebut, karena nanti untuk praktek di React.js kita akan menggunakan Restful API tersebut. Untuk teman-teman bisa mempelajarinya dari list berikut ini :

  1. Tutorial Express.js Restful API #1 : Membuat Project Express.js
  2. Tutorial Express.js Restful API #2 : Konfigurasi Database
  3. Tutorial Express.js Restful API #3 : Menampilkan Data dari Database
  4. Tutorial Express.js Restful API #4 : Insert Data ke Database
  5. Tutorial Express.js Restful API #5 : Menampilkan Detail Data
  6. Tutorial Express.js Restful API #6 : Update Data ke Database
  7. Tutorial Express.js Restful API #7 : Delete Data dari Database
  8. Tutorial Express.js Restful API #8 : Enable CORS di Express.js

Jika sudah menyelesaikan dari setiap materi yang ada, maka di artikel selanjutnya kita akan mencoba membuat aplikasi sederhana menggunakan React.js dan mengambil data melalui Rest API dari Express.js.

Berikut adalah artikel bagaimana cara membuat Rest API di dalam Express.js. Di artikel selanjutnya kita akan belajar banyak hal di dalam React.js, seperti melakukan installasi, konfigurasi router, konsumsi Rest API dan lain-lain.

Terima Kasih



Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Suka dengan tulisan di SantriKoding? Kamu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan Anda!

KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR