Tutorial Dart #5 : Variable


IJlal Naufal Hibrizi
I'm a Front End Web - Mobile Developer from Indonesia
Tutorial Dart #5 : Variable

Variables

Variabel bisa dibayangkan sebagai sebuah kotak atau wadah yang menyimpan nilai. Di dalam komputer variabel ini disimpan di dalam memori komputer. Setiap variabel memiliki nama yang dapat kita panggil.

Pada Dart kita mendefinisikan sebuah variabel dengan keyword var

var world = 'Hello World!';

Perhatikan tanda sama dengan (=) di atas. Simbol tersebut dikenal dengan nama assignment operator. yang artinya kita memasukkan nilai ‘Hello World!’ ke dalam sebuah kotak/wadah atau variabel yang bernama world. Proses assignment nilai ke variabel ini disebut inisialisasi.

tanpa berlama lama mari kita coba tampilkan nilai variabel ini ke konsol. Ubah kode fungsi main Anda menjadi seperti berikut:

void main() {
  var world = 'Hello World!';
  print(world);
}

Pada contoh kode di atas kita memasukkan data berupa teks ke dalam variabel. Lalu, bagaimana dengan data numerik atau berupa angka? owh Tentu saja bisa. Anda cukup menginisialisasi variabel dengan nilai angka.

void main(){
  var myAge = 20;
  print(myAge);
}

Terus bagaimana jika kita ingin membuat variabel namun tidak ingin langsung menginisialisasinya?

Proses ini disebut dengan deklarasi variabel. Deklarasi variabel akan menyimpan nama dan ruang di dalam memori tanpa memberikan nilai. Anda bisa menginisialisasi nilai setelah deklarasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

void main(){
  var myAge;

  myAge = 20;
  print(myAge); // Output 20

  myAge = 30;
  print(myAge) // Output 30
}

Sekarang coba jalankan kode anda, untuk menjalankan programnya anda cukup klik RUN untuk RUN itu sendiri ada di bagian atas tepat di atas void main. Jangan lupa buka terminal pada text-editor anda untuk melihat hasilnya klik bagian debug-console.


IJlal Naufal Hibrizi
I'm a Front End Web - Mobile Developer from Indonesia

Suka dengan tulisan di SantriKoding? Kamu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan Anda!

KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami