Tutorial Dart #1 : Apa itu Dart ?


IJlal Naufal Hibrizi
I'm a Front End Web - Mobile Developer from Indonesia
Tutorial Dart #1 : Apa itu Dart ?

Apa itu Dart ?

Banyak sekali pertanyaan muncul saat pertama kali ingin mempelajari Flutter. Flutter sendiri dibangun menggunakan bahasa pemrograman bernama DART, sehingga syntax pada flutter itu sendiri juga akan menggunakan syntax dart. Lalu apasih itu dart ? dan kenapa kita harus mempelajarinya ?

Dart adalah bahasa pemrograman yang bersifat general purpose, Dikembangkan oleh Google sejak tahun 2007 yang dipimpin oleh Lars Bak dan Kasper Lund yang di fokuskan untuk optimalisasi pada sisi client. Tidak hanya digunakan untuk pengembangan aplikasi seluler/MobileApp, Dart salah satu bahasa pemrograman Open Source loh dan juga dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai macam aplikasi seperti web, aplikasi seluler, aplikasi desktop, server, dll.

Dart merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek atau kita familiar dengan sebutan OOP dengan syntax yang mirip seperti C++, Java dan Javascript. Jadi apabila anda pernah mempelajari java atau javascript maka seharusnya mempelajari dart akan menjadi lebih mudah

Sejarah Dart

Dart dirancang dan dikembangkan oleh Lars Bak dan Kasper Lund di Google yang secara resmi diperkenalkan pada bulan Oktober tahun 2011 di Konferensi GOTO, Denmark dan versi pertama Dart yaitu versi 1.0 resmi dirilis pada bulan November tahun 2013.

Untuk standarisasi programming language yang baru dibuat, Ecma International membuat komite teknis yang dikenal sebagai TC52, dan Fakta bahwa kode Dart dapat dikompilasi ke dalam JavaScript telah membuat bahasa ini cukup kompatibel dengan banyak browser web modern. Hal ini menyebabkan standardisasi yang tak terhindarkan pada bulan Juli tahun 2014, ketika Ecma International menyetujui Versi pertamanya.

Fitur Dart

Dart itu sendiri memiliki fitur utama yang menjanjikannya menjadi salah satu bahasa pemrograman yg populer, Apa ajasih fitur fitur nya?

  • Cross Platform
  • General Purpose
  • Multi Paradigma
  • Object Oriented Programming
  • Simple Syntax
  • Automatic Garbage Collector
  • Compiled Programming
  • Open Source
  • Inbuilt Libraries

Cross Platform

Apa itu Cross Platform ? Cross Platform itu sendiri jika kita bahasa indonesiakan yaitu lintas platform atau bisa di sebut platform independen yang artinya kita bisa menjalankan sistem operasi yang berbeda seperti Windows, Linux, Unix, MacOS, dll.

General Purpose

Apa itu General Purpose ? General Purpose itu sendiri jika kita bahasa indonesiakan yaitu tujuan umum yang artinya kita dapat mengembangkan berbagai jenis aplikasi dan program

Multi Paradigma

Apa itu Multi Paradigma ? Multi Paradigma itu seperti pemrograman imperatif, fungsional, reflektif dan berorientasi objek.

Object Oriented Programming

Apa itu Object Oriented Programmming ? Dart juga pemrograman yang beriorentasi objek loh dart juga mengikuti semua konsep konsep yang mendekati pemrograman beriorentasi seperti Class, Inheritance, Abstract Class, Encapsulation dan Polymorphism, dll.

Simple Syntax

Dart juga mempunyai sintaksis yang mudah loh sintaksis mirip dengan gaya C sederhana. Programmers yang pemula dapat dengan mudah memahami sintaks Dart.

Automatic Garbage Collector

Apa itu automatic garbage collector ? Pengumpul sampah Dart adalah generasi dan terdiri dari dua fase: pemulung ruang muda dan pengumpul tanda paralel. dart juga menyediakan fitur pengumpul sampah otomatis loh.

Compiled Programming Language

Dart juga salah satu programming language yang memenuhi syarat yang artinya bahwa kompiler itu sendiri digunakan untuk mengubah kode yang ditulis dalam bahasa pemrograman Dart menjadi bahasa asli atau JavaScript sebelum dieksekusi.

Open Source

Apa itu open source ? Open source adalah suatu software atau kode pemrograman komputer yang dipublikasikan secara umum pada orang orang, sehingga bisa digunakan, diperbaiki, dimodifikasi, atau disebarkan untuk keperluan pribadi atau hobi, baik perusahaan atau untuk komersil, tanpa harus membayar biaya sedikit pun, menarik bukan? Dart juga open source loh hehe, jadi jangan takut untuk susah payah mencari sumber untuk mempelajarinya.

Inbuilt Libraries

Apa itu Inbuilt Libraries ? Inbuilt Libraries itu sendiri adalah kumpulan pustaka inti yang kaya, Yang menyediakan hal-hal yang penting untuk banyak tugas pemrograman sehari-hari seperti mengerjakan koleksi objek ( dart:collection ), membuat perhitungan ( dart:math ), dan encoding/decoding data ( dart:convert ). API tambahan tersedia dalam paket kontribusi komunitas dll.

Kesimpulan

Dart adalah bahasa pemrograman open source dan general purpose buatan Google yang ditujukan untuk membuat aplikasi multiplatform contoh seperti mobile, desktop, dan web.

Beberapa alasan yang bisa Anda pertimbangkan untuk mulai belajar Dart, antara lain:

  • Dart pemrograman yang flexsibel.
  • Dart open source
  • Dart memiliki dukungan tools yang lengkap
  • Dart sangat mudah dipelajari

Dart didesain mirip dengan bahasa pemrograman populer yang sudah ada, seperti C#, Java, Javascript, Swift, Kotlin, dll.Yang artinya, Developer yang telah familiar dengan bahasa bahasa tersebut Seharusnya dapat memulai belajar bahasa Dart dengan lebih mudah.


IJlal Naufal Hibrizi
I'm a Front End Web - Mobile Developer from Indonesia

Suka dengan tulisan di SantriKoding? Kamu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan Anda!

KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami