Tutorial CRUD Laravel Livewire SPA #1 : Installasi & Persiapan


Fika Ridaul Maulayya
Software Engineer | Content Creator | Founder & Author di SantriKoding.com

Tutorial CRUD Laravel Livewire SPA #1 : Installasi & Persiapan - Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini kita semua akan belajar tentang Laravel Livewire.

Apa itu Laravel Livewire ?

Livewire is a full-stack framework for Laravel that makes building dynamic interfaces simple, without leaving the comfort of Laravel.

Yups, Livewire adalah full-stack framework untuk laravel yang membuat sebuah interface / antar muka secara dinamis, mudah dan tentu saja masih menggunakan kenyamanan Laravel itu sendiri.

Untuk membangun sebuah website / aplikasi moderen itu sangat sulit, seperti halnya Vue, React itu sangat powefull sekali, akan tetapi itu sangat kompleks sekali dan itu merupakan alur kerja seorang full-stack developer.

Dengan Livewire kita bisa membangun sebuah website / aplikasi dengan reactive dan single page application (SPA) tanpa harus melakukannya dengan kerja keras.

Pada seri tutorial kali ini, kita semua akan belajar bagaimana membuat sebuah aplikasi CRUD sederhana dengan Liveware & kita juga akan mengimplementasikan SPA atau Single Page Application.

Untuk teman-teman yang masih penasaran dengan Liveware silahkan bisa mengunjungi situs resminya di : https://laravel-livewire.com/.

Langkah 1 - Install Laravel

Langsung saja kita mulai, pastikan teman-teman sudah menginstall composer di komputer atau laptopnya masing-masing, karena kita akan menggunakan composer untuk menginstall project Laravel baru.

Saat tutorial ini dibuat, kita akan menggunakan Laravel paling terbaru, yaitu versi 7.x.x dan untuk memulainya silahkan teman-teman jalankan perintah diubawah ini :

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel laravel-livewire-spa

Dari perintah diatas, kita akan membuat sebuah project Laravel baru dengan nama laravel-livewire-spa.

Silahkan tunggu proses installasinya sampai seleisai, disini teman-teman harus terhubung dengan internet.

Langkah 2 - Menjalankan Aplikasi

Setelah proses installasi selesai, kita bisa mencoba menjalankan aplikasi kita, silahkan teman-teman jalankan perintah dibawah ini :

cd laravel-livewire-spa
php artisan serve

Jika berhasil, maka aplikasi kita akan dijalankan menggunakan port 8000, teman-teman bisa melihatnya di http://localhost:8000 atau kurang lebih seperti gambar dibawah ini :


Langkah 3 - Konfigurasi Database

Karena pada tutorial kali ini kita semua akan praktek membuat sebuah aplikasi dengan operasi CRUD atau create, read, update & delete data. Maka kita harus menggunakan database untuk menyimpan datanya tersebut.

Silahkan teman-teman buka file .env dan cari kode dibawah ini :

DB_CONNECTION=mysql
DB_HOST=127.0.0.1
DB_PORT=3306
DB_DATABASE=laravel
DB_USERNAME=root
DB_PASSWORD=

Silahkan teman-teman ubah menjadi seperti berikut ini :

DB_CONNECTION=mysql
DB_HOST=127.0.0.1
DB_PORT=3306
DB_DATABASE=db_laravel_livewire_spa
DB_USERNAME=root
DB_PASSWORD=

Untuk password, silahkan disesuaikan dengan koneksi MySQL teman-teman, jika teman-teman menggunakan XAMPP secara default itu kosong atau tidak perlu diisi.

Jika kita perhatikan diatas, kita akan membuat sebuah database baru dengan nama db_laravel_livewire_spa, sekarang silahkan teman-teman buat database tersebut di http://localhost/phpmyadmin

Kurang lebih seperti gambar dibawah ini :


SOURCE CODE

Untuk teman-teman yang ingin mengunduh source codenya : https://github.com/maulayyacyber/CRUD-Laravel-Livewire-SPA

KESIMPULAN

Pada tutorial kali ini kita semua telah belajar apa itu Laravel Livewire, installasi Laravel & membuat sebuah database baru.

Jika teman-teman ada pertanyaan atau kendala saat mencoba, silahkan teman-teman bisa bertanya melalui kolom komentar dibawah artikel ini.

Terima Kas


Fika Ridaul Maulayya
Software Engineer | Content Creator | Founder & Author di SantriKoding.com

Jika Anda menyukai konten kami, silakan pertimbangkan untuk membeli kopi untuk kami.
Terima kasih atas dukungan Anda!

Buy me a coffeeBuy me a coffee
KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR