Tutorial Laravel Jetstream #2 : Installasi Laravel 8


Fika Ridaul Maulayya
I'm Fika Ridaul Maulayya, a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Article, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini kita semua akan belajar menginstall Laravel 8 dan selanjutnya kita akan belajar juga tentang Laravel Jetstream. Ada beberapa hal yang mesti dilakukan jika kita ingin menginstall Laravel 8, diantaranya adalah :

  • PHP >= 7.3
  • BCMath PHP Extension
  • Ctype PHP Extension
  • Fileinfo PHP extension
  • JSON PHP Extension
  • Mbstring PHP Extension
  • OpenSSL PHP Extension
  • PDO PHP Extension
  • Tokenizer PHP Extension
  • XML PHP Extension

Yaps, minila versi PHP yang digunakan adalah 7.3 dan beberapa extension juga. Jika kita menggunakan Homestead atau valet tentu semua persyaratan di atas sudah terpenuhi.

Langkah 1 - Installasi Laravel

Disini kita bisa memulai project Laravel 8 dengan 2 cara, yaitu dengan Laravel Installer dan composer creat-project. Jika kita menggunakan Laravel installer pastikan versi yang di gunakan minimal v4.

Laravel Installer

Jika sebelumnya belum pernah menginstall Laravel Installer, silahkan bisa jalankan perintah di bawah ini :

composer global require laravel/installer

Perintah diatas digunakan untuk menginstall Laravel Installer secara global di dalam komputer kita. Jika sebelumnya teman-teman sudah pernah menginstall dan ingin upgrade versi yang terbaru, silahkan bisa jalankan perintah di bawah ini :

composer global update laravel/installer

Sekarang kita bisa membuat project baru dengan Laravel 8. Untuk mrmbuat project Laravel 8 baru kita bisa menjalankan perintah di bawah ini :

laravel new laravel-8

Diatas kita membuat project Laravel baru dengan nama laravel-8. Atau jika kita ingin sekaligus membuat project Laravel 8 beserta Jetstream kita bisa jalankan perintah di bawah ini :

laravel new laravel-8 --jet

Flag -- jet akan menjalankan scaffolding Jetstream di aplikasi Laravel 8 kita. Kemudian kita bisa pilih stack apa yang akan digunakan, yaitu :

  • Livewire
  • Inertia

Composer Create-Project

Sebagai alternatif, kita juga dapat menginstal Laravel dengan mengeluarkan perintah composer create-project di terminal, sebagai contoh kita bisa menjalankan perintah di bawah ini untuk membuat project Laravel 8.

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel laravel-8

Perintah di atas akan membuat project Laravel 8 baru dengan nama Laravel-8. Dan pastikan kita terhubung dengan internet, akrena semya paket akan diunduh secara online.

Langkah 2 - Membuat Project Laravel Baru

Pada tutorial kali ini kita akan belajar untuk membuat project Laravel 8 menggunakan composer create-project. Silahkan masuk ke folder dimana kita akan menyimpan projectnya dan jalankan perintah di bawah ini :

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel laravel-8

Silahkan tunggu proses installasi sampai selesai. Dan pastikan harus terhubung dengan internet, akrena semua paket diunduh secara online. Untuk menjalankan projectnya kita bisa jalankan perintah di bawah ini :

cd laravel-8
php artisan serve

Jika berhasil project kita akan di jalankan menggunakan port 8000, kita bisa membukanya di http://localhost:8000 dan kurang lebih hasilnya seperti berikut ini :


Di atas kita bisa lihat bahwa Laravel 8 hadir dengan membawa sebuah tampilan baru untuk halaman welcome.


Fika Ridaul Maulayya
I'm Fika Ridaul Maulayya, a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Article, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com
KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR