Tutorial Laravel Jetstream #1 : Apa itu Laravel Jetstream ?


Fika Ridaul Maulayya
I'm Fika Ridaul Maulayya, a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Article, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini kita semua akan belajar dan berkenalan dengan Laravel Jetstram. Laravel Jetstream merupakan package baru bersifat open source yang hadir dengan rilisnya Laravel versi 8, Jetstram digunakan untuk membuat scaffolding Authentication di Laravel 8 dengan penambahan banyak fitur, diantaranya adalah :

  • Register
  • Login
  • Email Verififcation
  • Two Factor Authentication
  • Session Management
  • API Support Via Laravel Sanctum
  • Dan Optional Team Management

Laravel Jetstream hadir dengan banyak sekali penambahan fitur jika di bandingkan dengan Laravel UI. di Jetstream sendiri kita bisa memilih menggunakan stack apa yang digunakan, yaitu :

Laravel Jetstream di buat oleh creator Laravel yaitu om Taylor Otwel dan di desain dengan menggunakan Tailwind CSS. Jika kita menggunakan stack Livewire maka kita akan emnggunakan sebuah template engine blade. Akan tetapi jika kita menggunakan Inertia maka kita akan menggunakan template Vue component.


Livewire + Blade

Laravel Livewire adalah library yang dibangun untuk membuat modern, reactive dan tampilan dinamis menggunakan template engine blade. ini adalah pilihan bagus jika kita ingin membuat aplikasi yang modern dan reactive tanpa harus belajar JavaScript Framework seperti Vue Js dan React Js.

Inertia.js + Vue

Jetstream menggunakan Inertia.js yang mana akan menggunakan template engine berbasis Vue component. Inertia merupakan libarary yang sangat kecil dan memingkinkan kita merender sebuah component vue secara tunggal dari Backend Laravel.

Dengan Inertia kita dapat membuat aplikasi menggunakan template berbasis Vue tanpa harus susah payah meng-konfigurasi Vue Router. jadi kita bisa langsung menggunakan router standart dari Laravel untuk memanggil component tersebut.

Inertia.js adalah pilihan yang baik jika kita nyaman menggunakan template berbasis Vue untuk mengambangkan aplikasi kita di Laravel. Diartikel selanjutnya kita akan belajar tentang Laravel Jetstrean mulai dari installasi sampai akhir.


Fika Ridaul Maulayya
I'm Fika Ridaul Maulayya, a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Article, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com
KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR