Tutorial Laravel Passport dan Vue Js 3 #1 : Membuat Project Laravel


Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini kita semua akan belajar bagaimana cara membuat proses API authentication di Laravel menggunakan Laravel Passport. Laravel Passport bisa dengan mudah membuat fitur API Authentication yang menyediakan implementasi server OAuth2 untuk aplikasi Laravel dalam hitungan menit.

Laravel Passport

Laravel makes API authentication a breeze using Laravel Passport, which provides a full OAuth2 server implementation for your Laravel application in a matter of minutes.

Di artikel pertama ini, kita semua akan belajar membuat project Laravel baru terlebih dahulu. Sebelum memulai membuat project baru dengan Laravel, pastikan teman-teman sudah menginstall Composer terlebih dahulu, karena kita akan membuat project Laravel menggunakan Composer.

Untuk Installasi Composer teman-teman bisa mengunjungi di situs resminya di : https://getcomposer.org/

Untuk mengetahui apakah composer sudah berhasil terinstall, kita bisa menjalankan perintah di bawah ini di dalam terminal atau CMD :

composer

Jika keluar versi Composer, maka kita sudah berhasil menginstall Composer di dalam komputer. Dan sekarang kita bisa lanjutkan untuk membuat project Laravel baru dengan Composer.

Langkah 1 - Membuat Project Laravel

Silahkan masuk ke folder di mana teman-teman ingin menyimpan project-nya dan jalankan perintah di bawah ini :

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel:^8.0 laravel-passport

Dari perintah di atas kita akan membuat project Laravel baru dengan nama laravel-passport.

Setelah installasi selesai, kita bisa masuk ke folder project tersebut dan menjalankan server-nya.

cd laravel-passport
php artisan serve

ika berhasil, maka project Laravel-nya akan dijalankan menggunakan port 8000 di dalam localhost, kita bisa membukanya di browser dengan http://localhost:8000 dan kurang lebih seperti berikut ini hasilnya :

Langkah 2 - Konfigurasi Database

Setelah kita berhasil menjalankan project Laravel-nya, sekarang kita lanjutkan untuk konfigurasi database, silahkan buka file .env dan cari kode berikut ini :

DB_DATABASE=laravel
DB_USERNAME=root
DB_PASSWORD=

Kemudian ubahlah menjadi seperti berikut ini :

DB_DATABASE=db_laravel_passport
DB_USERNAME=root
DB_PASSWORD=

Di atas kita buat nama database yang akan kita gunakan adalah db_laravel_passport.

Langkah 3 - Membuat Database

Sekarrang, kita lanjutkan untuk membuat daatabase baru di dalam MySQL, silahkan buka http://localhost/phpmyadmin, kemduain buat database baru dengan nama db_laravel_passport.

Sampai disini pembahasan tentang membuat project Laravel baru, di artikel selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara menginstall package Laravel Passport dan melakukan konfigurasinya.

Terima Kasih


EBOOK - Membangun Toko Online Dengan Laravel, Vue Js dan Payment Gateway : https://bit.ly/lp-ebook-laravel-vue-payment-gateway


Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com
KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR