Tutorial Laravel Collection #1 : Pengertian


Mohammad Ricky Sanjaya
Hi! I'm Sanjaya Back End Developer. You can discuss with me about web technology and more!
Tutorial Laravel Collection #1 : Pengertian

Halo semua, berjumpa lagi kita di website tutorial terlengkap berbahasa Indonesia yaitu santrikoding. Pada tutorial kali ini, kita akan membahas tentang fitur yang sangat berguna sekali untuk memudahkan kita dalam memanipulasi data, apa itu? Yep, nama fitur nya adalah Collection.

Langsung saja kita bahas yuk.

Pengertian

Pengertian collection menurut dokumentasi resmi nya adalah fitur yang berfungsi untuk memudahkan kita dalam mengelola data array. Jadi dengan menggunakan collection ini, data array yang kita punya dapat kita manipulasi dengan mudah. Misalnya mungkin tiap data di array kita wajib berisi huruf besar semua atau sort berdasarkan yang terendah atau menghapus data yang kosong, dan lain-lain. Banyak sekali fitur collection, namun pada kali ini kita tidak akan bahas semua melainkan hanya yang mungkin biasa kita pakai. Untuk dokumentasi resmi nya bisa teman-teman lihat dengan klik link ini.

Contoh kasus

Kita coba langsung saja pada contoh kasus ya agar teman-teman mudah untuk mengerti tentang collection. Contoh yang sederhana mungkin adalah misal kita punya array

['santrikoding', 'website', 'belajar', null]

Nah dari array diatas, kita ingin tiap array berisi huruf besar semua dan menghapus data yang kosong. Bagaimana cara nya? Kita coba buat contoh tanpa menggunakan collection dan kita akan bandingkan dengan collection.

Contoh tanpa collection

$data = ['santrikoding', 'website', 'belajar', null];

$data_baru = [];

for ($i = 0; $i < count($data); $i++) {
    if (!empty($data[$i])) {
        \array_push($data_baru, \strtoupper($data[$i]));
    }
}

Kode diatas adalah kode kita tanpa collection. Hmm... lumayan rumit ya, sekarang kita coba buat dengan collection.

$data_baru = collect(['santrikoding', 'website', 'belajar', null])->map(fn($name) => strtoupper($name))->reject(fn ($name) => empty($name));

Kode diatas adalah kode dengan menggunakan collection, bagaimana? Beda sekali bukan, bahkan kode yang kita buat menjadi lebih singkat.

Kesimpulan

Jadi, collection adalah fitur dari laravel untuk memanipulasi data array. Kita dapat dengan mudah memanipulasi data tanpa harus membuat kode yang begitu panjang. Bagaimana? Tertarik untuk belajar lebih dalam tentang collection?

Ya sekian dulu untuk pengenalan kita tentang Laravel Collection. Kita akan bahas fitur-fitur keren yang ada di collection ini satu persatu ya ges ya. Sekian untuk tutorial ini, see you next again!


Mohammad Ricky Sanjaya
Hi! I'm Sanjaya Back End Developer. You can discuss with me about web technology and more!

Suka dengan tulisan di SantriKoding? Kamu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan Anda!

KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami