Tutorial Laravel 9 dan Svelte #1 : Membuat RESTful API di Laravel 9


Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder SantriKoding.com
Tutorial Laravel 9 dan Svelte #1 : Membuat RESTful API di Laravel 9

Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini kita semua akan belajar FullStack Web Developer menggunakan Laravel dan Svelte. Dimana Laravel-nya akan kita gunakan sebagai backend yang menyediakan service RESTful API, sedangkan untuk Svelte akan digunakan sebagai frontend yang mengkonsumsi / mengelola Rest API yang dibuat di Laravel.

Laravel merupakan modern web framework yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrogramman PHP dan bersifat open source. Tidak bisa dipungkiri juga, bahwa penggunakan Laravel sangat banyak sekali di Dunia dan kususnya di Indonesia, karena banyaknya dukungan ekosistem baik library external maupun komunitas yang ada.

Dengan Laravel kita akan dimanjakan dengan banyaknya fitur-fitur magic yang ada di dalamnya, pasalanya jika kita membangung website / aplikasi tanpa Laravel akan membutuhkan waktu yang sangat lama, tapi dengan Laravel kita bisa bekerja lebih cepat dengan hasil yang lebih baik juga dibandingkan dengan membuatnya dari awal.

Svelte merupakan framework JavaScript yang dibuat untuk membangun sebuah component user interface secara dinamis dan Svelte bersifat open source.

Tidak seperti React, Vue dan Angular, yang menggunakan virtual DOM . Svelte tidak menggunakan teknik virtual DOM sama sekali, dengan tidak menerapkan konsep virtual DOM, maka kode yang ditulis di dalam Svelte akan dioptimasi / di kompres menjadi kode JavaScript yang memiliki ukuran kecil.

Untuk tutorial membuat Restful API menggunakan Laravel sebenarnya sudah pernah saya bahas di dalam TUTORIAL SET sebelumnya.

Jadi silahkan teman-teman bisa belajar Restful API di Laravel menggunakan TUTORIAL SET tersebut, karena nanti untuk praktek di *Svelte kita akan menggunakan Restful API tersebut. Untuk teman-teman bisa mempelajarinya dari list berikut ini :

  1. Tutorial Restful API di Laravel 9 #1 : Cara Install Laravel 9
  2. Tutorial Restful API di Laravel 9 #2 : Membuat API Resources
  3. Tutorial Restful API di Laravel 9 #3 : Menampilkan Data dari Database
  4. Tutorial Restful API di Laravel 9 #4 : Insert Data ke Database
  5. Tutorial Restful API di Laravel 9 #5 : Menampilkan Detail Data
  6. Tutorial Restful API di Laravel 9 #6 : Update Data ke Database
  7. Tutorial Restful API di Laravel 9 #7 : Delete Data dari Database

Jika sudah menyelesaikan dari setiap materi yang ada, maka di artikel selanjutnya kita akan mencoba membuat aplikasi sederhana menggunakan Svelte dan mengambil data melalui Rest API dari Laravel.

Terima Kasih



Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder SantriKoding.com

Suka dengan tulisan di SantriKoding? Kamu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan Anda!

KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami