Tutorial Laravel 9 dan Next.js #1 : Membuat RESTful API di Laravel 9


Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder SantriKoding.com
Tutorial Laravel 9 dan Next.js #1 : Membuat RESTful API di Laravel 9

Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini kita semua akan belajar tentang dasar menjadi seorang FullStack Web Developer dengan membuat aplikasi sederhana menggunakan Laravel sebagai backend dan Next.js sebagai frontend.

Laravel merupakan framework php yang sangat populer sekali di dunia, karena memiliki banyak fitur magic di dalamnya, sehingga akan mempermudah para developer dalam membangun sebuah aplikasi.

ketika kita membangun sebuah aplikasi dengan Laravel, kita tidak hanya dimanjakan dengan segudang fitur-nya, melainkan karena dukungan ekosistem yang sangat besar di dunia. Baik teman-teman mau mencari third party tamabahan ataupun menemukan sebuah error, maka komunitas akan dengan cepat membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Next.js merupakan framework populer dari React.js yang bersifat open source dan memiliki fitur Server Side Rendering atau biasa disebut dengan SSR.

Dan Next.js memang dibangun untuk membuat aplikasi yang stabil dan memiliki kemudahan dibandingkan kita membuat aplikasi dengan universal React.js. Sebelum teman-teman menggunakan Next.js, alangkah lebih baiknya belajar tentang fundamental JavaScript dan JavaScript ES6.

Untuk tutorial membuat Restful API menggunakan Laravel sebenarnya sudah pernah saya bahas di dalam TUTORIAL SET sebelumnya.

Jadi silahkan teman-teman bisa belajar Restful API di Laravel menggunakan TUTORIAL SET tersebut, karena nanti untuk praktek di Next.js kita akan menggunakan Restful API tersebut. Untuk teman-teman bisa mempelajarinya dari list berikut ini :

  1. Tutorial Restful API di Laravel 9 #1 : Cara Install Laravel 9
  2. Tutorial Restful API di Laravel 9 #2 : Membuat API Resources
  3. Tutorial Restful API di Laravel 9 #3 : Menampilkan Data dari Database
  4. Tutorial Restful API di Laravel 9 #4 : Insert Data ke Database
  5. Tutorial Restful API di Laravel 9 #5 : Menampilkan Detail Data
  6. Tutorial Restful API di Laravel 9 #6 : Update Data ke Database
  7. Tutorial Restful API di Laravel 9 #7 : Delete Data dari Database

Jika sudah menyelesaikan dari setiap materi yang ada, maka di artikel selanjutnya kita akan mencoba membuat aplikasi sederhana menggunakan Next.js dan mengambil data melalui Rest API dari Laravel.

Terima Kasih



Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder SantriKoding.com

Suka dengan tulisan di SantriKoding? Kamu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan Anda!

KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami