Tutorial Laravel 9 #1 : Installasi & Perisiapan Laravel 9


Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder SantriKoding.com
Tutorial Laravel 9 #1 : Installasi & Perisiapan Laravel 9

Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat CRUD menggunakan Laravel 9. Dan kita juga akan menggunakan framework CSS Bootstrap untuk membuat tampilannya lebih bagus dan cepat.

Tidak hanya itu, kita juga akan belajar bagaimana cara melakukan proses upload gambar di dalam Laravel 9. Setelah gambar berhasil diupload, kita juga akan belajar menampilkannya di halaman view.

Di artikel pertama ini, kita akan belajar bagaimana cara melakukan proses installasi dan persiapan yang harus kita lakaukan untuk membuat project baru di Laravel 9.

Langkah 1 - Installasi Composer

Composer merupakan tools dependency manager di bahasa pemrogramman PHP. Dimana kita bisa melakukan installasi atau menambahkan sebuah paket/package dengan lebih mudah.

Untuk proses installasi Composer, silahkan teman-teman bisa disesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan. Dan silahkan bisa mengikuri instruksi installasi di link berikut ini :

Untuk memeriksa apakah Composer sudah berhasil terpasang di dalam komputer, kita bisa menjalankan perintah berikut ini di dalam terminal/CMD :

composer

Jika perintah di atas berhasil, maka akan mendapatkan hasil seperti berikut ini :

Langkah 2 - Membuat Project Laravel 9

INFORMASI PENTING : pastikan versi PHP yang digunakan saat ini adalah 8.x

Untuk membuat project Laravel 9 baru, kita bisa menggunakan perintah composer create-project. Langsung saja, silahkan teman-teman masuk ke dalam folder dimana akan menyimpan project Laravel-nya. Kemudian jalankan perintah berikut ini di dalam terminal/CMD :

composer create-project laravel/laravel:^9.0 crud-laravel9

Perintah di atas digunakan untuk membuat project Laravel baru dengan versi 9.x. Silahkan tunggu proses installasinya sampai selesai.

Langkah 3 - Menjalankan Project Laravel 9

Setelah berhasil melakukan proses installasi Laravel 9, sekarang kita lanjutkan belajar bagaimana cara menjalankan project tersebut. Silahkan jalankan perintah berikut ini di dalam terminal/CMD :

cd crud-laravel9

Perintah cd di atas, digunakan untuk melakukan navigasi atau masuk ke dalam folder project crud-laravel9. Jika sudah masuk di dalam folder project, sekarang jalankan perintah berikut ini :

php artisan serve

Jika berhasil, maka project kita akan dijalankan di dalam localhost menggunakan port 8000. Kita bisa membuaknya di dalam browser dengan http://localhost:8000.

Langkah 4 - Menjalankan Storage Link

Karena kita akan belajar melakukan upload gambar, maka kita perlu menjalankan perintah artisan storage:link. Perintah tersebut digunakan untuk membuatkan link dari folder storage ke dalam folder public di Laravel. Silahkan jalankan perintah berikut ini di dalam terminal/CMD :

php artisan storage:link

Sampai disini pembahasan bagaimana cara melakukan installasi dan perispan untuk membuat project baru di Laravel 9. Di artikel selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara membuat sebuah migration dan menjalankannya di dalam Laravel 9.

Terima Kasih



Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder SantriKoding.com

Suka dengan tulisan di SantriKoding? Kamu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan Anda!

KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami