Tutorial CRUD Laravel 8 Dengan Bootstrap #1 : Installasi Laravel 8


Fika Ridaul Maulayya
I'm a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan artikel kali ini kita semua akan belajar membuat sebuah CRUD dengan Laravel 8 dan Bootstrap. Di Laravel 8 ada beberapa perubahan yang terbilang sangat banyak jika dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya, untuk informasi tentang update fitur di Laravel 8, teman-teman bisa membukanya di https://santrikoding.com/fitur-baru-laravel-8.

Framework Laravel menggunakan konsep MVC yaitu kepanjangan dari Model, View dan Controller. Apa itu MVC di Framework Laravel ? MVC merupakan sebuah pola arsitektur dimana setiap kode dipisahkan sesuai dengan tugasnya masing-masing.

  • Model - model merupakan sebuah kumpulan kode yang biasanya difungsikan untuk mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan Database atau Basisdata.
  • View - Kalau View merupakan kode-kode yang fungsinya digunkan untuk menampilkan sesuatu dilayar browser, View biasanya kode-kode berupa HTML, CSS dan JavaScript.
  • Controller - Controller merupakan kode-kode yang digunakan untuk menghubungkan antara Model dan View. Controller juga biasanya digunakan untuk menempatkan dan menulis kode-kode logika atau kondisi tertentu dari aplikasi.

Pada artikel kali ini kita semua akan belajar tentang bagaimana cara membuat CRUD di Laravel 8 dengan sederhana, mulai dari tahap installasi, membuat migration, input data, menampilkan data dan yang lain-nya.

Untuk membuat project Laravel 8, minimal versi PHP yang harus kita install adalah 7.3 dan jika teman-teman menggunakan Laragon, Homestead atau Valet, maka kita sudah tidak perlu susah payah untuk menggonta-ganti versi PHP yang ingin di gunakan.

Langkah 1 - Membuat Project Laravel Baru

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar membuat project Laravel 8 baru menggunakan composer create-project. Dan pastikan teman-teman sudah menginstall Composer sebelumnya, jika teman-teman belum menginstallnya, silahkan bisa menginstallnya terlebih dahulu dan bisa ikuti cara installasinya melalui situs resminya di https://getcomposer.org dan silahkan disesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan.

Untuk mengetahui apakah komputer kita sudah terinstall composer atau belum, kita bisa menjalankan perintah di bawah ini di dalam terminal/CMD

composer

Jika berhasil maka kurang lebih tampilannya seperti berikut ini :


Sekarang kita sudah bisa membuat project laravel menggunakan composer. Silahkan masuk di dalam folder dimana teman-teman akan membuat projectnya dan jalankan perintah di bawah ini :

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel l8-blog

Perintah di atas akan membuat project Laravel 8 baru dengan nama l8-blog dan pastikan teman-teman semuanya harus terhubung dengan internet, karena semua paket akan diunduh secara online.

Langkah 2 - Menjalankan Project Laravel

Setelah proses installasi selesai, kita bisa mencoba menjalankan project Laravel-nya. Silahkan jalankan perintah di bawah ini :

cd l8-blog

Perintah cd di atas digunakan untuk masuk ke dalam folder project Laravel

php artisan serve

Jika berhasil maka project kita akan dijalankan menggunakan port 8000 di dalam localhost, kita bisa membuka di http://localhost:8000 dan jika berhasil kurang lebih tampilannya seperti berikut ini :


Langkah 3 - Menjalankan Storage Link

Silahkan jalankan perintah di bawah ini untuk membuat symlink folder storage agar bisa di akses melalui folder public Laravel.

php artisan storage:link

Di artikel selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara membuat migration dan menjalankan migration di dalam Laravel 8. Terima Kasih


Fika Ridaul Maulayya
I'm a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com
KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR