Tutorial CRUD dengan Django dan Boostrap 4 #1: Instalasi dan Membuat Project Baru


Rizqi Maulana
Backend Developer

Pada tutorial ini kita akan belajar membuat aplikasi crud sederhana menggunakan Framework Django sebagai backend nya dan Bootstrap 4 untuk frontend nya. Django merupakan framework berbasis bahasa Python yang bisa kita gunakan untuk membangun sebuah aplikasi web secara cepat dan mudah. Sedangkan Bootstrap 4 adalah framework css yang memudahkan kita membuat tampilan desain web html secara cepat.

Requirements

Sebaiknya kamu sudah memahami dasar pemrograman bahasa Python sebelum memulai tutorial ini. Dan berikut beberapa program dan tool yang perlu kita persiapkan

  • Python (rekomendasi versi 3.8 atau yang lebih update)
  • PIP (tool pada bahasa python untuk menginstal package framework Django)
  • Code Editor (gunakan code editor favorit kamu. contoh: Visual Studio Code, Sublime Text, Pycharm dsb)

Instalasi

Instalasi Framework Django sangatlah mudah. Buka terminal atau command prompt kamu. dan buatlah sebuah folder kemudian masuk ke dalam folder tersebut.

mkdir todo-project && cd todo-project

Selanjutnya kita perlu membuat dan mengaktifkan virtual environment agar kita bisa menginstal framework Django secara local atau hanya di dalam folder project kita saja. Untuk membuat virtual environment baru ketikkan perintah berikut.

python -m venv env

Untuk mengaktifkan virtual environment ada sedikit perbedaan caranya pada sistem operasi linux dan mac os atau windows. Untuk sistem operasi linux atau mac os gunakan perintah berikut.

source env/bin/activate

Sedangkan untuk sistem operasi Windows gunakan perintah berikut.

env\Scripts\activate.bat

Dan terakhir untuk menginstal framework Django cukup jalankan perintah berikut.

pip install Django

Membuat Project dan Application Baru

Pada Django ada istilah Project dan Application dimana ketika kita ingin membangun sebuah aplikasi web dengan Django maka kita perlu membuat dua hal tersebut. Pertama kita perlu membuat Project baru. Project bisa dikatakan sebagai core pada Framework Django dimana nantinya kita bisa mengatur konfigurasi di dalamnya, Urls atau routing secara global, perintah untuk menjalankan aplikasi,proses migrasi maupun testing dan yang lainnya. Untuk membuat Project baru silahkan jalankan perintah berikut dari terminal atau command prompt.

django-admin startproject app .

Kamu bisa mengubah nama app dengan nama folder project yang kamu inginkan. Selanjutnya kita perlu membuat sebuah Application baru. Satu Project bisa mempunyai satu Application atau lebih. Sebagai contoh misal kita akan membangun proyek aplikasi Ecommerce, maka di dalam Project tersebut kita bisa membuat beberapa Application seperti Application untuk Inventory, shipping, payment, newsLetter dan sebagainya. Untuk membuat Application baru jalankan perintah berikut dari terminal/command prompt.

django-admin startapp todo

Nama todo di atas mengacu pada nama Application karena pada tutorial ini kita akan membuat aplikasi sederhana CRUD Todo List. Struktur Folder dan File akan terlihat seperti gambar di bawah ini setelah kita membuat Project dan Application baru.

Konsep dan Alur

Gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana Alur pada Framework Django.

Setiap request yang datang dari client (browser) akan dipetakan oleh URLS dan akan diteruskan ke View yang mana View akan memroses request tersebut. View akan memanggil Model untuk melakukan proses membaca atau menulis data ke Database. Setelah itu View akan memanggil template untuk merender data dalam format tertentu(html, xml, json) dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk HTTP Response ke client.


INFO : Ebook Python & Django


Rizqi Maulana
Backend Developer
KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR