Tips Mengatasi Error Mengirim Email Menggunakan SMTP Gmail di Laravel


Syahrizal AS
Full-Stack Web Developer
Tips Mengatasi  Error Mengirim Email Menggunakan SMTP Gmail di Laravel

Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini kita semua akan belajar bagaimana cara Mengatasi Error Mengirim Email Menggunakan SMTP Gmail di Laravel ,

Sebelum temen-temen mengikuti tutorial ini, bisa ikutin dulu Tutorial Kirim Email di Laravel menggunakan Gmail

https://santrikoding.com/tutorial-kirim-email-di-laravel-menggunakan-gmail ya,

Oke tanpa lama-lama kita lanjut aja ya 😁

Error yang paling sering terjadi disebabkan oleh ketidak telitian pada tahap konfigurasi file .env, terutama jika Kita menggunakan SMTP gmail.

MAIL_DRIVER=smtp
MAIL_HOST=smtp.gmail.com
MAIL_PORT=587
MAIL_USERNAME=emailkita@gmail.com
MAIL_PASSWORD=passwordkita
MAIL_ENCRYPTION=tls
MAIL_FROM_ADDRESS=emailkita@gmail.com
MAIL_FROM_NAME=”${APP_NAME}”

kode di atas, kita melakukan konfigurasi akun gmail yang akan kita gunakan nanti, yaitu menggunakan smtp.gmail.com port 587.

Jika Kita tidak dapat terhubung dengan akun Gmail dan mendapatkan error seperti gambar diatas, Kita dapat mengatasinya dengan menggunakan fitur Sandi Aplikasi pada akun Google.

Sandi Aplikasi akan membuatkan 16 karakter password yang dapat Kita gunakan pada SMTP. Hal ini tentu akan lebih aman, karena password akan berbeda dengan password login akun google Kita.

Untuk mengaktifkannya, ikuti lima langkah berikut :

  • Pertama, masuk ke pengaturan akun Google , kemudian klik Keamanan. Pilih menu Aktif Verifikasi 2 Langkah, maka akan muncul satu kolom lagi dibawahnya, yaitu Sandi Aplikasi.

  • Kedua, klik Sandi Aplikasi dan Kita akan diarahkan untuk memasukkan password akun gmail Kita. Jika sudah, pilih Email pada pilih Aplikasi dan Lainnya untuk pilih perangkat.

  • Ketiga, tulis nama aplikasi pada kolom yang tersedia sesuai dengan keinginan Kita, kemudian klik BUAT.

  • Keempat, saat muncul tampilan bahwa password sudah di-buat, Kita dapat memasukkan password ini ke bagian MAIL_PASSWORD di file .env

Imgur

  • Kelima, buka terminal, dan jalankan perintah php artisan config:cache. Seharusnya, email sudah dapat terkirim ke alamat penerima dengan baik.

Sampai disini pembahasan bagaimana cara Mengatasi Error Mengirim Email Menggunakan SMTP Gmail di Laravel, semoga bermanfaat.

Terima Kasih


Syahrizal AS
Full-Stack Web Developer

Suka dengan tulisan di SantriKoding? Kamu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan Anda!

KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami


ARTIKEL TERKAIT