Membuat Login dan Register di Laravel Dengan Ajax dan Bootstrap 4 : Installasi dan Persiapan


Fika Ridaul Maulayya
I'm a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Membuat Login dan Register di Laravel Dengan Ajax dan Bootstrap 4 : Installasi dan Persiapan - Halo teman-teman semuanya, pada kesemoatan kali ini kita semua akan belajar membuat Proses Register dan Login di Framework Laravel dengan menggunakan Ajax.

Jika sebelumnya kita sudah pernah membahas cara membuat register dan login ajax di PHP dan cara membuat register dan login ajax di CodeIgniter. Maka kali ini kita akan membuatnya juga di Framework Laravel.

Proses Register dan Login yang akan kita bahas nanti tidak akan menggunakan fitur Auth bawaan dari Laravel, melaikan kita membuatnya sendiri dari awal dengan terstruktur step by step.

Sebelum memulai project ini, pastikan teman-teman semuanya sudah menginstall Composer di laptop ataupun komputernya masing-masing. Karena kita nanti akan membuat project baru Laravel dengan Composer.

INSTALL LARAVEL

Langsung saja kita mulai, silahkan kalian masuk di folder dimana kalian nanti akan menyimpan projectnya dan setelah itu jalankan perintah dibawah ini :

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel ajax-register-login

Perintah diatas digunakan untuk membuat sebuah project Laravel baru sekaligus memberi nama project tersebut dengan nama “ajax-register-login”. Proses installasi Laravel harus menggunakan koneksi Internet.

Silahkan ditunggu proses installasi Framework Laravel sampai dengan selesai, setelah selesai silahkan jalankan perintah diubawah ini :

cd ajax-register-login

Maksud dari perintah adalah kita masuk di folder project Laravel kita yang barusan kita install tadi. untuk melihat apakah project Laravel kita berjalan atau tidak kita bisa jalankan perintah dibawah ini :

php artisan serve

Siaalhakna tunggu beberapa detik dan kalian bisa membuka di browser dengan mengetikkan http://localhost:8000 jika berhasil kalian akan mendapatkan tampilan kurang lebih seperti berikut ini :


KONFIGURASI DATABASE

Oke sekarang kita akan melakukan konfigurasi koneksi Database terlebih dahulu sebelum kita melanjutkan koding kita nanti.

Silahkan buka file .env dan perhatikan pada baris kode dibawah ini :

DB_CONNECTION=mysql
DB_HOST=127.0.0.1
DB_PORT=3306
DB_DATABASE=laravel
DB_USERNAME=root
DB_PASSWORD=

Silahkan kalian ubah kode tersebut menjadi seperti berikut ini :

DB_CONNECTION=mysql
DB_HOST=127.0.0.1
DB_PORT=3306
DB_DATABASE=db_ajax_laravel
DB_USERNAME=root
DB_PASSWORD=

Dari perubahan diatas kita membuat nama database yang akan kita gunakan nanti adalah “db_ajax_laravel".

MEMBUAT DATABASE

Oke setelah kita deklarasikan nama database di file .env dengan nama “db_ajax_laravel”. Maka sekarang kita akan membuat database tersebut di PhpMyadmin kita.

Silahkan buka http://localhost/phpmyadmin dan silahkan kalian buat database baru dengan nama “db_ajax_laravel”. Kurang lebih tampoilannya seperti berikut ini :


Setelah semuanya selesai, mulai dari menginstall Laravel, mengatur koneksi Database dan membuat Database. Sekarang kita lanjutkan dengan menjalankan migration tabel kita.

Sebenarnya secara bawaan dari pertama kita menginstall Framework Laravel kita sudah disediakan struktur tabel Users yang mana kita tidak perlu membuatnya lagi.

Untuk melihatnya kalian bisa buka folder database/migrations/ dan di dalam folder tersebut kita sudah disediakan beberapa migration file yang sudah siap kita gunakan dan memungkinkan kita customisasi juga.

karena kita nanti akan praktek membuat proses Register dan Login maka kita butuh tabel users yang mana tabel ini yang akan kita gunakan untuk menyimpan data.

Oke, Sekrang kalian bisa jalankan perintah berikut ini untuk melakukan perintah migrasi tabel :

php artisan migrate

Dari perintah diatas, jika berhasil kalian akan mendapatkan pesan kurang lebih seperti berikut ini :

Migration table created successfully.
Migrating: 2014_10_12_000000_create_users_table
Migrated:  2014_10_12_000000_create_users_table (0.03 seconds)
Migrating: 2014_10_12_100000_create_password_resets_table
Migrated:  2014_10_12_100000_create_password_resets_table (0.02 seconds)
Migrating: 2019_08_19_000000_create_failed_jobs_table
Migrated:  2019_08_19_000000_create_failed_jobs_table (0.01 seconds)

Sekarang untuk melihat apakah tabel-tabelnya sudah jadi kita bisa buka database di kita di http://localhost/phpmyadmin dan silahkan kalian klik “db_ajax_laravel”, maka kurang lebih kita sudah dibuatkan tabel seperti ini :


Sampai disini pembahasan tentang isntallasi dan persiapan membuat Proses Register dan Login di Laravel Dengan Ajax.

Di artikel selanjutnya kita semua akan belajar membuat Proses Register menggunakan Ajax di Framework Laravel. Terima Kasih


Fika Ridaul Maulayya
I'm a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com
KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR