Tutorial Rajaongkir dengan Laravel, Vue Js dan Tailwind CSS#1 : Installasi Project Laravel


Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini kita semua akan belajar bagaimana cara mengintegrasikan RajaOngkir untuk mendapatkan biaya ongkos kirim dari berbagai kurir secara realtime dan otomatis.

Di serti tutorial kali ini, kita akan mencoba mengintegrasikan Laravel dengan Rajaongkir dengan sebagai BackEnd, dimana hasilnya nanti akan berupa REST API. Kemudian, kita akan gunakan REST API tersebut di dalam project Vue Js dan untuk UI atau User Interface kita akan menggunakan CSS Framework yaitu Tailwind CSS.

Di artikel pertama ini, kita semua akan belajar untuk membuat project Laravel baru menggunakan Composer, jika teman-teman belum memiliki composer di dalam komputer, silahkan lakukan installasi terlebih dahulu. Untuk installasi Composer, bisa mengikuti link berikut ini :

Setelah Composer sudah terinstall secara global di dalam komputer, kita bisa melihatnya di dalam terminal/CMD dengan mengetikkan :

composer

Jika berhasil, kurang lebih hasilnya seperti berikut ini :

Langkah 1 - Membuat Project Laravel

Setelah berhasil menginstall Composer, sekarang kita lanjutkan untuk membuat project Laravel baru, disini kita akan menggunakan Laravel versi 8. Dan pastikan versi PHP yang digunakan minimal adalah 7.3.

Sekarang, silahkan teman-teman masuk ke dalam folder di mana kita akan menyimpan projectnya. Kemudian jalankan perintah berikut ini :

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel:^8.0 laravel-rajaongkir

Perintah diatas, akan membuat project Laravel 8 baru dengan nama laravel-rajaongkir.

Langkah 2 - Menjalankan Project Laravel

Setelah proses installasi selesai, sekarang kita akan mencoba menjalankan project Laravel tersebut. Silahkan jalankan perintah di bawah ini di dalam terminal/CMD :

cd laravel-rajaongkir
php artisan serve

Jika berhasil, maka project Laravel kita akan di jalankan di port 8000 di dalam localhost. Kita bisa melihatnya di http://localhost:8000 dan kurang lebih hasilnya seperti berikut ini :

Sampai disini kita sudah berhasil melakukan proses installasi dan menjalankan project Laravel, di artikel selanjutnya kita semua akan belajar bagaimana cara mengintegrasikan RajaOngkir dengan Laravel.

Terima Kasih


INFO :


Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Suka dengan tulisan di SantriKoding? Kamu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan Anda!

KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR