Tutorial Integrasi Laravel Dengan RajaOngkir #1 : Installasi Laravel


Fika Ridaul Maulayya
I'm a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Tutorial Integrasi Laravel & RajaOngkir Dengan Ajax #1 : Installasi Laravel - Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini kita semua akan belajar bagaimana cara mengintegrasikan RajaOngkir dengan Laravel menggunakan Ajax.

Apa itu RajaOngkir ?

RajaOngkir merupakan sebuah situs dan web service (API) yang menyediakan informasi ongkos kirim dari berbagai kurir di Indonesia seperti POS Indonesia, JNE, TIKI, PCP, ESL, dll.

Jadi pada tutorial kali ini kita semua akan belajar bagaimana cara mendapatkan layanan dari RajaOngkir untuk mengetahui biaya pengiriman dari suatu logistik.

Pada TUTORIAL SET kali ini, kita semua akan belajar dari dasar, mulai dari Installasi Laravel, Install Package RajaOngkir, Membuat Migration & Seeder dan Sekaligus Mengintegrasikannya Menggunakan Ajax.

Langkah 1 - Installasi Laravel

Silahkan teman-teman jalankan perintah dibawah ini untuk membuat project laravel baru :

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel laravel-rajaongkir-example

CATATAN : laravel-rajaongkir-example adalah nama dari aplikasi kita nanti.

Silahkan tunggu proses installasi Laravel sampai selesai, setelah semuanya selesai, sekarang kita bisa menjalankan aplikasi Laravel kita.

Silahkan teman-teman bisa menjalankan perintah dibawah ini :

php artisan serve

Jika berhasil, kurang lebih tampilannya seperti berikut ini :


Langkah 2 - Konfigurasi Database

Sekarang silahkan teman-teman buka file .env dan cari kode dibawah ini :

DB_DATABASE=laravel
DB_USERNAME=root
DB_PASSWORD=

Silahkan teman-teman rubah menjadi seperti berikut ini :

DB_DATABASE=db_laravel_rajaongkir
DB_USERNAME=root
DB_PASSWORD=

Jadi untuk project kali ini kita akan menggunakan database dengan nama “db_laravel_rajaongkir”. Setelah itu silahkan teman-teman buat sebuah database baru di http://localhost/phpmyadmin dengan nama yang sudah kita set di file .env tadi.

Sampai disini pembahsan tentang installasi Framework Laravel & Konfigurasi Database, di artikel selanjutnya kita semua akan belajar bagaimana cara install package RajaOngkir di aplikasi kita.

Terima Kasih


Fika Ridaul Maulayya
I'm a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com
KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR