Tutorial Install Node Js di Ubuntu 20.04


Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini kita semua akan belajar bersama-sama bagaimana cara menginstall Node Js di dalam sistem operasi Linux yaitu Ubuntu 20.04. Node Js merupakan software yang bersifat open source yang digunakan untuk menjalankan kode JavaScript disisi server (BackEnd) dan tanpa harus menggunakan browser untuk menjalankannya.

Apa itu Node.js?

Node.js is an open-source, cross-platform, back-end, JavaScript runtime environment that executes JavaScript code outside a web browser. Wikipedia

  • Open source
  • Gratis (Free)
  • Multi Platform (Windows, Linux, Unix, MacOS)
  • JavaScript runtime

Apa Yang Dapat Dilakukan Node.js?

  • Dapat membuat halaman secara dinamis
  • Dapat melakukan proses create, read, delete, open dan close sebuah file di dalam server
  • Dapat melakukan proses CRUD (create, read, update, delete) di dalam database
  • Dan masih banyak lagi.

Setelah mengetahui apa itu Node Js dan fungsi-fungsinya, maka sekarang kita bisa lanjutkan untuk proses installasi Node Js di dalam Ubuntu 20.04.

Langkah 1 - Update Package Ubuntu

Sebelum kita lanjutkan untuk menginstall Node js dan NPM. Pertama, kita akan lakukan update apt package terlebih dahulu.

sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade 

langkah 2 - Menambahkan Node Js PPA

PPA merupakan Personal Package Archive yaitu software library dari Python. Sebelum menginstall Node Js dan NPM, kita harus menambahkan PPA ini terlebih dahulu di dalam sistem operasi Linux Ubuntu.

sudo apt-get install python-software-properties
curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_15.x | sudo -E bash - 

Langkah 3 - Install Node Js dan NPM di Ubuntu

Setelah berhasil menambahkan PPA di dalam sistem operasi Linux Ubuntu, sekarang kita lanjutkan untuk melakukan proses installasi Node Js.

sudo apt-get install nodejs

Setelah Node js berhasil terinstall, sekarang kita lanjutkan untuk menalkukan installasi NPM.

sudo apt-get install npm

Silahkan tunggu proses installasi sampai selesai.

Langkah 4 - Memeriksa Versi Node Js dan NPM

Setalah berhasil menginstall Node Js dan NPM, sekarang kita akan lakukan pengecekan untuk melihat versi yang kita gunakan.

Cek Versi Node Js

nodejs  -v

Cek Versi NPM

npm -v

KESIMPULAN

Setelah berhasil menambahkan Node Js dan NPM di dalam sistem operasi Linux Ubuntu, sekarang kita sudah siap untuk mengebangkan aplikasi menggunakan Node Js.

Terima kasih


Ebook - Membangun Toko Online Dengan Laravel, Vue Js dan Payment Gateway : https://bit.ly/lp-ebook-laravel-vue-payment-gateway


Fika Ridaul Maulayya
Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Suka dengan tulisan di SantriKoding? Kamu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan Anda!

KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR