Tutorial CRUD CodeIgniter 4 Dengan Bootstrap #1 : Persiapan & Installasi


Fika Ridaul Maulayya
I'm Fika Ridaul Maulayya, a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Article, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Tutorial CRUD CodeIgniter 4 Dengan Bootstrap #1 : Persiapan & Installasi - Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini kita semua akan belajar tentang bagaimana cara membuat CRUD di CodeIgniter 4.

CodeIgniter merupakan Web Framework yang dikembangkan dengan bahasa pemrogramman PHP dan sampai sekarang masih menjadi PHP Framework yang sangat populer dan banyak digunakan oleh para developer dan programmer di indonesia.

CodeIgniter 4 merupakan versi terbaru setelah versi 3 yang mana versi ini banyak memiliki perubahan jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Jika teman-teman sebelumnya menggunakan versi 3, maka teman-teman akan sedikit mengalami kebingungan dalam menggunakan versi 4 ini.

Seperti halnya membuat sebuah table, jika di versi 3 umunya pada programmer akan membuat tabelnya secara manual melalui PHPMyAdmin atau yang lainnya. Maka di versi 4 ini kita semua sudah tidak akan menggunakan versi manual tersebut, karena di versi 4 ini kita akan menggunakan yang namanya migration.

Yups, kebanyak Framework moderen saat ini semua menggunakan migration sebagai generator untuk membuat tabel. Maka dengan adanya migration ini, para programmer & developer akan sangat terbantu dan sangat menyingkat waktu development.

Kenapa harus CRUD ?

CRUD adalah sebuah proses manipulasi data seperti bagaimana cara menampilkan data, memasukkan data, edit & update data sampai menghapus data ke dalam database.

CRUD biasanya dipraktekan oleh para programmer & developer di awal-awal mereka belajar untuk membuat aplikasi yang berhubungan dengan database.

Langkah 1 - Install Composer

Ada 2 langkah untuk memulai installasi CodeIgniter 4, yaitu manual dan melalui Composer. Pada tutorial kali ini kita semua akan belajar yang menggunakan Composer tentunya.

Jika teman-teman belum memiliki atau menginstall Composer, silahkan teman-teman bisa menginstallnya terlebih dahulu, untuk cara installasi composer, silahkan bisa buka di situs resminya di https://getcomposer.org/.

Untuk mengetahui apakah composer sudah terinstall di komputer kita, silahkan jalankan perintah di bawah ini di terminal atau CMD :

composer

Jika berhasil, maka teman-teman akan melihat kurang lebih seperti ini :


Langkah 2 - Install CodeIgniter 4

Oke, setelah Composer berhasil terinstall, sekarang kita bisa langsung menginstall CodeIgniter, silahkan teman-teman masuk ke direktori dimana teman-teman akan menyimpan projectnya.

Kemudian jalankan perintah dibawah ini untuk membuat project CodeIgniter 4 :

composer create-project codeigniter4/appstarter crud-ci4

Perintah diatas akan membuat sebuah project CodeIgniter 4 dengan nama crud-ci4.

Silahkan teman-teman tunggu proses installasinya sampai selesai, disini teman-teman harus menggunakan koneksi internet. Karena semua dependensi di download secara online.

Langkah 3 - Menjalankan Aplikasi

Setelah proses installasi selesai, sekarang teman-teman bisa menjalankan projectnya dengan cara :

Masuk ke dalam folder project

cd crud-ci4

Jalankan Built-in Server

php spark serve

Jika berhasil, maka project teman-teman akan dijalankan di port 8080, untuk mengaksesnya, teman-teman silahkan ketik http://localhost:8080

Maka kurang lebih tampilannya seperti berikut ini :


Jika port 8080 di komputer teman-teman sudah digunakan oleh aplikasi lain, maka jangan kawatir. Kita juga bisa menjalankan projectnya menggunakan port lain, seperti contoh :

php spark serve —port=8081

Dan tentu saja untuk mengaksesnya teman-teman buka di http://localhost:8081

Langkah 4 - Konfigurasi Database

Sekarang kita semua akan mengatur koneksi database di project kita, jika teman-teman perhatikan setelah kita berhasil menginstall CodeIgniter 4 kita akan mendapatkan file dengan nama env di dalam root project, nah sekarang silahkan teman-teman rename file tersebut dengan nama .env

Setelah itu silahkan teman-teman buka file .env tersebut dan ubah dibagian environment menjadi development :

#--------------------------------------------------------------------
# ENVIRONMENT
#--------------------------------------------------------------------

CI_ENVIRONMENT = development

Setelah itu, silahkan teman-teman cari kode dibawah ini :

# database.tests.hostname = localhost
# database.tests.database = ci4
# database.tests.username = root
# database.tests.password = root
# database.tests.DBDriver = MySQLi

Sekarang ubahlah menjadi seperti berikut ini :

database.default.hostname = localhost
database.default.database = db_ci_crud
database.default.username = root
database.default.password =
database.default.DBDriver = MySQLi

Untuk password, silahkan disesuaikan dengan koneksi MySQL teman-teman, jika teman-teman menggunakan XAMPP secara default adalah kosong atau tidak perlu diisi.

Untuk nama database, di atas kita menggunakan nama db_ci_crud, sekarang silahkan teman-teman buat database tersebut di http://localhost/phpmyadmin

Kurang lebih seperti gambar berikut ini :


DOWNLOAD SOURCE CODE

Untuk teman-teman yang ingin mengunduh source codenya : https://github.com/maulayyacyber/CodeIgniter4-CRUD

KESIMPULAN

Pada tutorial kali ini kita semua belajar tentang persiapan & installasi di CodeIgniter 4, mulai dari installasi Composer, CodeIgniter 4, Menjalankan aplikasinya dan konfigurasi Database.

Jika teman-teman ada pertanyaan atau kendala saat mencoba, silahkan teman-teman bisa bertanya melalui kolom komentar dibawah artikel ini.

Terima Kasih


Fika Ridaul Maulayya
I'm Fika Ridaul Maulayya, a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Article, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com
KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR