Cara Install Python 3.8 di CentOS 8 / RHEL 8


Fika Ridaul Maulayya
I'm a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Cara Install Python 3.8 di CentOS 8 / RHEL 8 - Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini kita semua akan belajar bagaimana cara install Python 3.8 di CentOS 8 / RHEL 8.

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di dunia. Dengan sintaksisnya yang sederhana dan mudah dipelajari. Python adalah bahasa pemrogramman pilihan populer untuk para pemula dan pengembang aplikasi berpengalaman.

Python adalah bahasa pemrograman yang cukup fleksibel. Ini dapat digunakan untuk membangun semua jenis aplikasi, dari script sederhana hingga algoritma machine learning dan kecerdasan buatan.

Secara default CentOS 8 menggunaka Python 3.6 dan dapat diinstall dan di update menggunakan paket manager dnf.

Python 3.8 adalah rilis utama terbaru dari bahasa Python. Ini mencakup banyak fitur baru seperti assignment expressions, positional-only parameters, f-strings support, dan banyak lagi . Python 3.8 tidak tersedia di repositori stantard dari CentOS 8.

Langkah 1 - Menginstal Python 3.8 pada CentOS 8

Mengkompilasi Python dari source membutuhkan kompiler C / C ++ dan paket dev lainnya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menginstal paket yang diperlukan untuk membangun Python dari kode source pada CentOS 8. Untuk melakukannya, jalankan perintah berikut sebagai pengguna root atau sudo :

sudo dnf groupinstall 'development tools'

sudo dnf install bzip2-devel expat-devel gdbm-devel \    ncurses-devel openssl-devel readline-devel \    sqlite-devel tk-devel xz-devel zlib-devel wget

Download source code rilis terbaru dari halaman website Python menggunakan wget. Saat ini, rilis Python 3.8 terbaru adalah 3.8.1. Jika ada versi baru yang tersedia untuk diunduh, ubah VERSION variabel dalam perintah di bawah ini:

VERSION=3.8.1
wget https://www.python.org/ftp/python/${VERSION}/Python-${VERSION}.tgz

Setelah download selesai, sekarang kita akan extract file tersebut.

tar -xf Python-${VERSION}.tgz

Ubah ke direktori source Python dan jalankan script configure yang melakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan semua dependensi pada sistem kita ada:

cd Python-${VERSION}
./configure --enable-optimizations

--enable-optimizations akan menjalankan beberapa test untuk mengoptimalkan. ini akan membuat proses built sedikit lambat.

Sekarang kita mulai build Python 3.8 dengan perintah :

make -j 4

Ubah -j agar sesuai dengan jumlah core dalam prosesor kita. Kita dapat menemukan nomornya dengan mengetik nproc.

Setelah proses build selesai, instal binari Python:

sudo make altinstall

Tolong jangan gunakan standar make install karena akan menimpa sistem default python binary.

Sekarang. Python 3.8 telah diinstal pada sistem CentOS kita, dan kita dapat mulai menggunakannya. Untuk Verifikasi apakah sudah berhasil bisa dengan mengetikkan:

python3.8 --version

Kurang lebih hasilnya seperti berikut ini :

Python 3.8.1

Langkah 2 - Membuat Virtual Environment

Virtual Environment Python merupakan sebuah direktori tersendiri yang biasanya berisi project Python dan sejumlah paket-paket / modul tambahannya. Ini biasanya digunakan untuk kita dalam menginstall modul atau paket tertentu dama project tertentu juga.

Dari pada kita memasangnya secara global. Dengan ini kita tidak perlu kawatir lagi dengan project-project Python yang lainnya.

Pertama, buat direktori project baru dan kita masuk di direktori tersebut:

mkdir ~/my_app && cd ~/my_app

Jalankan perintah berikut untuk membuat Virtual Environment bernama my_app_venv:

python3.8 -m venv my_app_venv

Sekarang kita aktifkan Virtual Environmentnya dengan cara :

source my_app_venv/bin/activate

Setelah diaktifkan, prompt shell akan diawali dengan nama Environment. Dari Python 3.4, ketika membuat Virtual Environment pip, package manager untuk Python itu sudah diinstal secara default.

(my_app_venv) $ python -v

Bisa kita lihat diatas, sekarang terminal / CMD yang kita buka akan ada nama Virtual Environment di depannya, jika berhasil kurang lebih hasilnya seperti berikut ini :

Python 3.8.1

KESIMPUILAN

Kita telah belajar bagaimana cara menginstal Python 3.8 di CentOS 8 / RHEL 8 dan cara membuat Virtual Environment. kita sekarang dapat mulai mengembangkan project dengan Python 3.

Jika teman-teman memiliki pertanyaan atau kebingungan saat mencobanya, silahkan bisa berkomentar di bawah ini artikel ini.

Terima Kasih


Fika Ridaul Maulayya
I'm a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Articles, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com
KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR