Apa itu JavaScript ?


Fika Ridaul Maulayya
I'm Fika Ridaul Maulayya, a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Article, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Apa itu JavaScript ? - JavaScript adalah bahasa pemrograman yang dinamis. JavaScript sangat ringan dan paling sering digunakan sebagai bagian dari sebuah halaman web.

Dimana implementasinya memungkinkan script di sisi klien untuk berinteraksi dengan pengguna dan membuat halaman dinamis. JavaScript adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek atau OOP (Object Orientied Programming).

JavaScript pertama kali dikenal dengan nama LiveScript, namun Netscape mengubah namanya menjadi JavaScript, mungkin karena kegembiraan yang dihasilkan oleh Java.

JavaScript membuat penampilan pertama di Netscape 2,0 di 1995 dengan nama LiveScript. Inti tujuan umum dari bahasa telah tertanam di Netscape, Internet Explorer, dan browser web lainnya.

The ECMA-262 merupakan sebagai inti standar dari bahasa JavaScript.

  • JavaScript adalah bahasa pemrograman yang ringan dan dinamis.
  • Dirancang untuk membuat aplikasi jaringan-sentris.
  • Mendukung dan integrasi dengan Java.
  • Mendukung dan terintegrasi dengan HTML.
  • Bersifat Open Source dan Cross Platform.

JavaScript Client-Side

JavaScript Client-Side adalah bentuk yang paling umum dari bahasa. Script harus dimasukkan dalam atau ditampilkan oleh sebuah dokumen HTML untuk kode yang akan tampilkan oleh browser.

Ini berarti bahwa halaman web tidak perlu menjadi HTML statis, tetapi dapat mencakup program yang berinteraksi dengan pengguna, mengontrol browser, dan secara dinamis membuat konten HTML.

Mekanisme Client-Side JavaScript memberikan banyak keuntungan dibandingkan skrip sisi server CGI tradisional. Misalnya, Anda dapat menggunakan JavaScript untuk memeriksa apakah pengguna telah memasukkan alamat e-mail yang valid dalam input sebuah form.

Kode JavaScript dieksekusi ketika pengguna mengirimkan formulir, dan hanya jika semua entri valid, mereka akan dikirimkan ke Server Web.

JavaScript dapat digunakan untuk memanipulasi pengguna seperti klik tombol, navigasi tautan, dan tindakan lain yang dilakukan pengguna secara eksplisit atau implisit.

Keuntungan dari JavaScript

Manfaat menggunakan JavaScript adalah :

  • Less server interaction − Anda dapat memvalidasi input pengguna sebelum mengirim halaman ke server. Ini menghemat lalu lintas server, yang berarti lebih sedikit beban pada server Anda.

  • Immediate feedback to the visitors − mereka tidak perlu menunggu reload halaman untuk melihat apakah mereka lupa memasukkan sesuatu.

  • Increased interactivity − Anda dapat membuat tampilan yang menesankan saat pengguna menyentuhkan mouse atau mengaktifkannya melalui keyboard.

  • Richer interfaces − Anda dapat menggunakan JavaScript untuk menyertakan item seperti komponen drag-and-drop dan slider untuk memberikan tampilan yang dinamis kepada pengunjung situs Anda.

JavaScript Development Tools

Salah satu keuntungan mengembangkan sebuah aplikasi menggunakan JavScript adalah karena Tools yang akan kita gunakan itu gratis. Kita dapat memulai dengan editor teks sederhana seperti Notepad.

Beberapa Tools yang bisa kita gunakan untuk mengembangkan aplikasi dengan JavaScript antara lain :

  • Web Browser - karena JavaScript bersifat Client-Side, kita bisa menjalankannya cukup dengan sebuah web browser seperti Google Chrome atau Mozila Firefox.

  • Teks Editor - JavaScript itu sangat ringan dan kita bisa mengembangkan aplikais dengan JavaScript hanya dengan Teks Editor seperti Sublime Text, Visual Studi Code, Notepad ++.

Mungkin sampai disini pembahasan dasar tentang JavaScript. kita akan belajar JavaScript di artikel selanjutnya mulai dari dasar. Terima Kasih

sumber : https://www.tutorialspoint.com/javascript/javascript_overview.htm


Fika Ridaul Maulayya
I'm Fika Ridaul Maulayya, a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Article, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com
KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR