Tutorial Laravel Breeze


Rafi Taufiqurrahman
A Backend Developer specialized in Laravel
Tutorial Laravel Breeze

Laravel Breeze merupakan sebuah package yang dapat kita mengatur semua scaffold authentikasi kita, baik dari view, route dan controller. Laravel Breeze sendiri menggunakan Tailwindcss sebagai ui bawaan, sehingga kita tidak perlu repot - repot lagi untuk melakukan instalasi tailwindcss di project kita .

Oke langsung aja kita cobain laravel breezenya, disini kita akan memulai dengan melakukan instalasi laravel, caranya dengan mengetikan perintah composer create-project laravel/laravel LBreeze atau dengan Laravel new LBreeze pada terminal / CMD kalian .

Imgur

Setelah selesai melakukan instalasi laravel tahapan berikutnya adalah, pada terminal / CMD kalian lakukan pergantian directory dengan mengetikan cd LBreeze , setelah berhasil memasuki directory LBreeze kita akan melakukan instalasi laravel breezenya dengan mengetikan composer require laravel/breeze --dev .

Imgur

Setelah berhasil melakukan instalasi laravel breeze tahap selanjutnya kita akan menjalakan perintah php artisan breeze:install pada terminal / CMD untuk *** membuat / generate sebuah scaffold dari laravel breeze itu sendiri yang terdiri dari view, controller, view, dll*** .

Imgur

Kemudian kita akan menjalankan perintah sesuai gambar di atas yaitu npm install && npm run dev agar file css dan js kita tercompile sehingga tampilan dari laravel breeze itu sendiri dapat kita gunakan, setelah berhasil menjalankan perintah di atas tampilan login aplikasi kita akan seperti gambar dibawah :

Imgur

Untuk melakukan authentikasi kita harus melakukan setting database terlebih dahulu yaitu dengan melakukan konfigurasi pada .env .

Imgur

Disini hal yang perlu kita konfigurasi DB_DATABASE, DB_USERNAME, DB_PASSWORD disini saya menggunakan lbreeze sebagai nama database, langkah terakhir dalam tahapan instalasi laravel breeze yaitu dengan menjalankan perintah php artisan migrate . Setelah itu kita dapat melakukan registrasi user baru kemudian login kedalam dashboard aplikasi kita .

Imgur

Oke sampai disini dulu ya artikel kali ini, kita ketemu lagi di next artikel ya, mungkin next kita akan coba untuk melakukan beberapa modifikasi pada auth breeze kita, kalo ada pertanyaan silahkan cantumkan di kolom komentar :D

Terima kasih.


Rafi Taufiqurrahman
A Backend Developer specialized in Laravel

Suka dengan tulisan di SantriKoding? Kamu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan Anda!

KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami