Pengenalan Mobile Programming


Kurnia Andi Nugroho
Semoga kita semua diridhoi
Pengenalan Mobile Programming

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebagian ilmu pengetahuan mengenai pemrograman berbasis mobile.

Mobile Programing merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berfokus pada platform mobile. Yang dimaksud mobile disini adalah sebuah perangkat elektronik yang memungkinkan untuk dibawa kemana saja yang bersifat simple. Dengan demikian, maka perangkat mobile yang dimaksud adalah Handphone. Tentu kehadiran perangkat handphone sangat membantu setiap kehidupan manusia dalam beraktivitas sehari hari beberapa manfaat dengan adanya perangkat ini adalah , untuk mempermudah dalam komunikasi dan interaksi sosial dan juga lebih fleksibel.

Semakin pesat perkembangan teknologi,kemudian muncul beberapa inovasi dari sistem operasi yang mulai masuk ke dalam mobile, yang mana memiliki kemampuan lebih dibanding handhphone sebelumnya, dan juga mempunyai beberapa fitur sehingga memiliki istilah atau sebutan Telepon Pintar (Smartphone). Telepon Pintar sendiri mempunyai beberapa sistem operasi yang sudah banyak dikenal dikalangan masyarakat, Android, IOS, Windows Phone. didalam pembahasan kali ini, kami akan fokus pada sistem operasi Android.

Android merupakan merupakan sebuah sistem operasi yang mendukung pada platform mobile. Dengan sifat opensource, menjadikan android semakin mudah dan menjadi pilihan oleh para pengembang aplikasi untuk menciptakan ataupun menambah fitur-fitur aplikasi. adapun urutan jenis Android dimulai dari versi 1.5 Cupcake, untuk versi 1.6 dinamakan Donut kemudian pada tahun 2009 muncul nama Eclair dengan menggunakan kode 2.0. Sampai sekarang terdapat beberapa versi terbaru mulai Android Nougat, Oreo, Pie Dst.

Didalam pengembangan aplikasi android terdapat beberapa struktur program, mulai dengan pemrograman native , Web View, Hybrid masing -masing mempunyai kekurangan dan kelebihan . kali ini santrikoding, akan membahas lebih dalam meengenai pemrograman android dengan sistem hybrid. Hybrid apps adalah gabungan antara aplikasi native dan aplikasi web, sama seperti native apps, hybrid apps juga bisa tersedia di apps store. Aplikasi hybrid juga sangat popular karena memungkinkan pengembangan bisa dari aplikasi web ke platform aplikasi mobile dan dengan demikian secara signifikan mengurangi biaya pengembangan aplikasi mobile .

Kelebihan pemrograman Hybrid diantaranya adalah output yang dihasilkan dapat bersifat multiplatform, Performa lebih cepat dibanding dengan Web View, dalam segi interface, pemrograman hybrid lebih unggul dibandingkan native. Untuk pengoperasiaannya, pemrograman hybrid ini bisa digunakan secara Online Ataupun Offline.

terdapat beberapa struktur didalam pemrograman hybrid:

1. Framework HTML

Berperan sebagai interface pada aplikasi hybrid, didalam nya juga medukung CSS dan Juga Bootstrap.

2. Client Side Programming

Berperan sebagai pemroses informasi/data pada aplikasi Hybrid

3. Compiler Apps

Berperan sebagai Compiler/Builder untuk menghasilkan output pada platform tertentu.

4. Library (opsional)

pada bab ini, terdapat beberapa library pendukung untuk menghasilkan/mengaktifkan fitur yang mendukung pada masing-masing perangkat, misalnya barcode scanner, GPS, Dsb.

Pengenalan Framework7

Framework7 merupakan sebuah framework mobile HTML gratis dan opensource untuk pengembangan software mobile hybrid ataupun aplikasi web dengan interface dan konsep asli Android & iOS. Ini merupakan suatu software prototyping yang dibutuhkan untuk menampilkan prototype aplikasi kerja secepat mungkin ketika diperlukan.

Framework7 berperan seperti bootstrap dalam membangun website, sehingga dapat dikatakan bahwa Framework7 untuk menangani interface dalam sebuah aplikasi. sedangkan dalam transmisi data dan informasi bisa ditangani secara Client Side dalam istilah lain disebut (Client Side Script Programming).

Package Structure

Seperti pada umumnya framework. framework7 mempunyai struktur.

1. Index.html

2. Framework.min.css

3. App.js

Didalamnya juga terdapat beberapa file pendukung, seperti framework7-bundle.min.js, accordion, lazy.js dan juga masih banyak lagi. ada juga beberapa fitur yang bisa dikatakan lengkap yang sudah include dalam paket ini. seperti Floating Action Button, Lazy Load, Image Viewer, Slider, Accordion, Smart Select dll, dengan tujuan untuk memudahkan dalam proses pengembangan Aplikasi berbasis Mobile ataupun Desktop.

Framework ini sangat cocok untuk pemula seperti saya yang sedang mempelajari bahasa pemrograman HTML,Javascript dan juga PHP.

bagi teman-teman yang hendak mempelajari pemrograman mobile menggunakan framework7 ini cukup menyiapkan beberapa perangkat lunak(software) pendukung seperti. Code Editor untuk pengolahan listing program , Xampp sebagai Web Server, Hybrid Emulator bisa menggunakan beberapa browser yang disukai, dalam hal ini kami sarankan untuk menggunakan Google Chrome. Untuk proses testing APK, Bisa menggunakan emulator Bluestack dan sejenisnya. atau juga langsung bisa menggunakan perangkat telepon secara langsung.

Demikian sedikit ilmu yang kami bagikan, semoga teman-teman semua diberikan kemudahan dan kebarokahan dalam mencari ilmu. Semangat Belajar :).


Kurnia Andi Nugroho
Semoga kita semua diridhoi

Suka dengan tulisan di SantriKoding? Kamu bisa memberikan dukungan dengan berdonasi atau bagikan konten ini di sosial media. Terima kasih atas dukungan Anda!

KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami