Mengenal Adonis JS, Framework Node JS Seperti Laravel


Fika Ridaul Maulayya
I'm Fika Ridaul Maulayya, a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Article, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com

Mengenal Adonis JS, Framework Node JS Seperti Laravel - Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini kita akan berkenalan dengan Faremwork dari Node JS yaitu Adonis JS.

Apa itu Adonis JS ? Adonis JS merupakan salah satu Web Framework Dari Node JS yang dikembangkan dengan bahasa pemrogramman JavaScript yang memiliki kemiripan dengan Framework PHP yaitu Laravel.

Adonis JS memiliki sintaks kode yang sangat elegan dan minimalis, jika teman-teman di Laravel menggunakan template engine bernama Blade, maka di Adonis JS ini teman-teman mengenal template engine baru dengan nama Edge.

Adonis JS juga menerapkan konsep pattern MVC, yaitu konsep dimana kode dipisahkan sesuai dengan tugasnya masing-masing, yaitu Model yang digunakan untuk Database, View untuk menampilkan sesuatu ke layar Browser dan Controller digunakan untuk menghubungkan antara Model dan View.

Untuk menggunakan atau memulai project baru dengan Adonis JS, kita sudah harus menginstall Node JS di komputer atau laptop kita. Untuk cara install Node JS kita bisa langsung ke website resminya di https://nodejs.org/.

Untuk mengetahui apakah komputer kita sudah terinstall Node JS, kita bisa jalankan perintah :

node -v

Dan untuk menggunakan Adonis JS kita juga membutuhkan NPM untuk proses installasinya, untuk mengetahui apakah NPM sudah terinstall, kita bisa jalankan perintah :

npm -v

Cara Install Adonis JS

Setelah Node JS dan pakaet NPM sudah terinstall di komputer kita, kita bisa langsung membuat project baru dengan Adonis JS.

Dari situs resminya Adonis JS menjelaskan persyaratan requirements yang harus dipenuhi sebelum kita membuat project baru, diantaranya :

  • Node.js >= 8.0.0
  • npm >= 3.0.0
  • git

Via Adonis JS CLI

Adonis JS CLI merupakan command line tools untuk membantu kita dalam membuat project di Adonis JS, untuk menginstallnya silahkan jalankan perintah dibawah ini :

npm i -g @adonisjs/cli

Perintah di atas digunakan untuk menginstall Adonis JS CLI secara global dikomputer kita menggunakan paket manager NPM.

Setelah proses installasi berjalan sampai selesai, kita bisa langsung membuat project baru dengan Adonis JS dengan cara menjalankan perintah dibawah ini :

adonis new MyProject

MyProject merupakan nama project yang akan kita gunakan di Adonis JS.

Silahkan tunggu hingga proses installasi berjalan selesai, setelah itu masuk ke folder project kita dengan cara :

cd MyProject

Dan sekarang kita coba jalankan project Adonis JS kita dengan cara :

adonis serve --dev

Maka sekarang project kita sudah berjalan dengan menggunakan port 3333, untuk mencoba mengaksesnya kita bisa ketikkan http://localhost:3333 dan jika berhasil kurang lebih tampilannyan seperti berikut ini :



Fika Ridaul Maulayya
I'm Fika Ridaul Maulayya, a Full-Stack Web Developer, Content Creator and CO-Founder Santri Koding. I share everything i know with Article, Screencasts and E-Books at SantriKoding.com
KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR