Cara Debugging Django pada Pycharm IDE


Rizqi Maulana
Backend Developer

Debugging adalah proses mendeteksi dan menghapus bug atau potential error dalam kode yang dapat menyebabkan sistem tidak dapat berfungsi dengan baik atau crash. Bug sendiri berarti cacat atau kesalahan pada suatu program yang menyebabkan hasil yang tidak sesuai atau tidak terduga.

Dan di tutorial kali ini kita akan belajar melakukan pengaturan konfigurasi pada Pycharm IDE untuk proses debugging pada framework Django. Pertama tentunya kita perlu membuka project Django kita menggunakan Pycharm. Buka project tersebut dan pastikan pengaturan python interpreter-nya sudah benar.

Mengecek Pengaturan Python Interpreter pada Pycharm

Selanjutnya klik Run dari menubar Pycharm dan pilih Edit Configurations.

Edit Configurations Pada Pycharm

Kita akan membuat sebuah konfigurasi baru. Caranya klik icon plus (+) pada bagian kiri atas. Beri nama konfigurasi tersebut misal: django-server. Pada bagian Script path isikan dengan lokasi file manage.py di dalam folder project Django kamu. Kamu bisa mencarinya dengan mengklik icon folder pada bagian pojok kanan. Dan untuk bagian Parameters isikan dengan runserver. Pastikan juga bagian Python interpreter sudah benar. Bagian yang lainnya biarkan seperti defaultnya.

Membuat Konfigurasi Pada Pycharm

Sekarang kita tinggal mengetes konfigurasi tersebut untuk melakukan debugging. Tambahkan break point pada baris kode tertentu. Kemudian pastikan project Django kita sedang tidak dijalankan pada terminal. Untuk memulai debugging kamu tinggal mengklik pada tombol icon bug yang posisinya di sebelah kanan icon play atau bisa juga dengan menekan tombol shortcut Shift + F9 pada keyboard.

Debugging Django pada Pycharm

Akan muncul gambar seperti di atas jika proses debugging berhasil dijalankan. Kamu perlu membuka url http://127.0.0.1:8000 pada browser dan selanjutkan klik tab debugger di bagian kiri bawah (sebelah kiri tab console). Kamu bisa melihat informasi debuggingnya di bagian itu.

Semoga tutorial singkat tentang cara debugging django pada pycharm ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

INFO : Ebook Python & Django cuma 99k

Django Rest API - Studi Kasus Portal Berita* : https://bit.ly/django-rest-api-portal-berita


Rizqi Maulana
Backend Developer
KEBIJAKAN KOMENTAR

Saat memberikan komenatar silahkan memberikan informasi lengkap tentang error, seperti: screenshot, link kode, dll. Baca aturan komentar kami

KOMENTAR